Senin, 13 Agustus 2012

[prototipe] Situs Ayo ngeLINUX: Belajar Linux dengan cara gampang

Kembali lagi bersama saya, Wiramaswara. Dan kini posisi saya adalah seorang mahasiswa. Dan seorang mahasiswa harus bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat untuk kebaikan bangsa dan negara.


Nah, karena saya senang Linux dan prihatin dengan orang di sekitar saya yang kesulitan untuk belajar menggunakan Linux, saya jadi punya ide nih. Gimana kalau membuat website yang isinya konten belajar Linux step-by-step yang mudah diakses oleh pengguna melalui jaringan internet. 

Terus apa bedanya dengan belajar melalui blog, milis, form, Google, dll? Sederhana saja, mereka semua itu menyebar dan tidak tersentral. Selain itu, pengguna umumnya tidak nyaman dan tidak terbiasa dengan cara penyajian konten seperti blog atau wiki yang strukturnya nyelimet dan bahasanya kadang sulit dimengerti.


Maka dari itu, saya membuat prototipe sebuah situs internet yang diberi nama Ayo ngeLINUX: Belajar Linux dengan cara gampang. Tidak tanggung-tanggung, saya langsung membuka aplikasi Inkscape yang ada di sistem operasi BlankOn 7.0 saya dan mulai menggambar beberapa prototipe halamannya :

Halaman depan (did you notice something wrong?)
Jadi gambar di atas adalah prototipe halaman depannya. Disini, pembagian materi disusun secara beruntun dari materi khusus pemula sampai ke level mahir. Konten juga akan dibagi untuk setiap distro Linux yang berbeda. Jadi konten untuk distro Ubuntu akan berbeda dengan konten untuk distro Debian, misalnya.

Kemudian jika pengguna membuka salah satu topik, maka akan muncul halaman daftar isi dari topik tersebut untuk memilih sub-topik.

Halaman daftar isi untuk topik pengenalan desktop
Nah, pada halaman tersebut pengguna bisa memilih salah satu materi yang mereka inginkan. Materi ini tentunya diurut secara progresif dong. Rencananya akan ada dua macam materi berdasarakan cara penyajiannya :
  • Materi utama, berisi materi-materi pengenalan dan tutorial Linux beserta aplikasinya dalam bentuk teks dan gambar. Agar memudahkan pembaca, setiap materi akan dipecah menjadi beberapa halaman.
  • Materi video, berisi materi-materi berupa video naratif. Sepertinya hanya perlu menggunggah ke Youtube, dan meng-embed-nya.
Berikut adalah contoh prototipe dari materi utama :

Ada 3 bagian yang bisa Anda lihat: Navigasi materi (untuk berpindah antar halaman), konten materi itu sendiri dan panel di sebelah kanan yang rencananya diisi informasi tambahan bagi pengguna, seperti berita terkini, arti istilah, dan beberapa informasi trivial lainnya. (Yang ini diinspirasi oleh tabloid komputer PC Mild).

Salah satu ide tambahan yang saya dapatkan ketika saya mendiskusikan ini dengan teman-teman saya adalah: Sistem Quiz, jadi di setiap materi ada semacam review dan hasilnya menjadi poin tambahan bagi pengguna (pengguna bisa login untuk mencatat perkembangan belajar mereka pada situs ini). Benar-benar terinspirasi oleh situs Khan Academy.

Untuk sisi materinya sendiri, rencananya akan menganut sistem user generated content untuk topik "Permasalahan dan Penyelesaiannya" dan juga "Tip dan trik" agar para pengguna bisa berbagi pengalamannya dengan pengguna lainnya dengan mudah. Sedangkan untuk topik utama seperti pengenalan dan instalasi, pengguna boleh menyumbangkan materinya kepada situs ini walaupun harus dimoderasi agar kualitas materi tetap terjaga dengan baik.

Rencana sudah menjadi rencana, sekarang saatnya saya dan beberapa kawan saya untuk memulai membangun konsep situs ini menjadi situs yang sebenarnya. Jika tidak ada halangan, semoga saja bulan November 2012 situs ini bisa mengudara di dunia maya. Jika sudah terealisasi dengan baik, maka Anda pun bisa menyumbangkan materi-materi yang diperlukan untuk melengkapi situs ini. Karena pada dasarnya, membangun situs itu gampang, yang susah itu adalah mengisi materi dan mengelolanya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar