Senin, 15 Agustus 2011

Jadi apa aja yang bakal saya pelajari di Semester I?

Kuliah di ITS ini memang berat, dan memang harus berjuang untuk mengawalinya :)


Baik, pada postingan kali ini, Saya sebagai Mahasiswa Baru atau Maba akan membahas sedikit mengenai apa saja yang akan saya dapat dalam Semester I di Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun ajaran 2011/2012.

Tahun pertama (Semester I dan Semester II) adalah hal yang berat harus dilalui. Di dalam semester ini, tidak ada mata kuliah yang boleh mendapatkan nilai D. Ada 36 SKS yang harus dilalui terdiri dari 8 (delapan) mata kuliah jurusan, dan 4 (empat) mata kuliah umum. Kebanyakan merupakan mata kuliah di bidang Matematika.

Baiklah, pada postingan pertama ini saya bahas terlebih dahulu yang di Semester I.

Bahasa Inggris (Kode: IG091308, 2 sks)
Merupakan salah satu mata kuliah bersama yang bertujuan agar para mahasiswa bisa membaca, menyimak dan memahami isi dari artikel/jurnal/teks akademik mengenai sains dan teknologi.Selain itu, mahasiswa juga dituntut agar bisa memberikan argumentasi atau ide-ide logis baik secara lisan maupun tulisan.

Aljabar Linear (Kode: KI091301, 3 sks)
Sesuai dengan judulnya, di dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari teori mengenai Aljabar Linear. Teori ini sudah sempat dipelajari dasarnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester II. Nah, di mata kuliah ini mahasiswa akan mendalami lagi lebih lanjut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan aljabar linear dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Pemograman Terstrukrur (Kode: KI091302, 4 sks)
Nah di mata kuliah inilah akan kerasa komputer banget. Hehe :D Sesuai judulnya, ya tentunya mahasiswa akan mempelajari tentang pemograman mulai dari dasar. Tentunya tidak asal bisa memogram atau bahasa jawané ngoding, mahasiswa juga tentunya akan mempelajari mengenai siklus dari pengembangan suatu perangkat lunak, membuat dokumentasi untuk mempermudah kerja tim, bagaimana algoritma yang efisien, dan masih banyak lagi.

Sistem dan Teknologi Informasi (Kode: KI091303, 2 sks)
Menurut ketua jurusan Teknik Informatika ITS, Bapak Yudhi Purwananto, mata kuliah ini merupakan mata kuliah hiburan. Disini mahasiswa akan mempelajari mengenai sejarah dari teknologi informasi dari zaman dodol sampai zaman wafer. Terus mengenal komponen-komponennya apa saja, dan mahasiswa juga dituntut untuk tahu bagaimana teknologi informasi bermanfaat bagi manusia khususnya juga dibidang bisnis elektronik.

Sistem Digital (Kode: KI091304, 4 sks)
Salah satu mata kuliah yang paling ruwet menurut saya, tapi ya harus tetap dijalani :D
Mata kuliah ini mempelajari hal-hal mengenai digital, dimulai dari membahas bilangan yang tidak masuk akal seperti biner, oktal, heksadesimal. Kemudian mempelajari gerbang logika, komponen-komponen digital dan bahkan bagaimana perancangan dari sistem digital. Sistem digital ini bukan teori sembarangan, karena teori inilah komputer bisa ada dan mungkin jurusan Teknik Informatika ITS menjadi ada.

Kalkulus I (Kode: SM091201, 3 sks)
Mata kuliah yang terakhir adalah Kalkulus pertama dan termasuk mata kuliah bersama.Sudah dipelajari hampir keseluruhan di Sekolah Menengah Atas yaitu terdiri dari penggunaan fungsi, limit, turunan, dan integral.  Katanya, banyak mahasiswa yang menganggap enteng mata kuliah ini padahal ujung-ujungnya nilai kalkulus mereka jelek. Jadi, mahasiswa harus memantapkan kembali teori-teorinya yang di SMA, karena kalkulus ini diterapkan di banyak bidang.

Baiklah, segitu saja terlebih dahulu postingan saya kali ini. Semoga saya bisa berjaya di setiap mata kuliah. Paling tidak minimal target saya semuanya mendapatkan nilai A. Saya harus semangat untuk belajar, sinau yok rék bén pinter :)

4 komentar:

  1. Yup, semoga sukses buat maba kita ini :).

    BalasHapus
  2. ane jadi penasaran pengen kuliah.. tapi yang g kuat...mtk ane...bodoh sangat

    BalasHapus
  3. 18 SKS totalnya ya? itu semua km yang milih atau dipilihin???

    BalasHapus
  4. Bismillah..
    Semoga kamu dan temen2mu MABA, mau dan mampu gunakan kesempatan utk berbuat yg terbaik

    BalasHapus