Minggu, 19 September 2010

Persiapan untuk OPSI 2010

Akhirnya, Karya tulis saya mengenai Pembuatan Fonta Aksara Bali terdengung hingga di ranah kompetisi nasional. Dan saya sebagai peneliti dipanggil ke Jakarta tanggal 4 Oktober 2010 yang akan datang untuk mengadakan Pameran Poster dan Presentasi dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun 2010.

Sekalian nyombongin diri mah :D (Sumber: http://w.blankon.in/ad)
Maka dari itu, saya harus buat poster. Sesuai dengan surat yang dikirimkan di sekolah, saya harus buat dua poster berukuran 120x120cm. Untungnya sekolah bisa memfasilitasi saya, paling tidak saya tidak merasa terbebani dengan akademik di sekolah. Salah seorang guru saya berkata kepada saya :
Gak usah pusing-pusing dengan nilai pelajaran kamu, itu bisa dinego. Kamu sudah mewakili sekolah dan mengharumkan nama baik sekolah, itu saja sudah cukup.
Tapi untuk membuat poster, saya harus melakukannya sendiri. Toh yang serba tahu mengenai isinya hanya saya. Walaupun dengan kemampuan desain grafis yang terbatas, saya berusaha membuat sebuah poster dengan bantuan perangkat lunak Inkscape. Saya enggan meminta bantuan guru TIKOM untuk hal ini, saya rasa mereka sangat asing dengan Inkscape :D

Eh iya, ternyata untuk Fonta Aksara Bali, Pak Bemby sudah mulai mempopulerkan perangkat lunak buatan dirinya bernama SFBG (Smartfont Bali Galang) kepada Guru-Guru Bahasa Bali di Denpasar. Ya, keduluan deh. Tapi tidak apa-apa, toh saya tidak pernah menjiplak buatan orang lain (Karya ini dibuat dari nol). Walaupun saya menggunakan makalah dari Pak Bemby sebagai referensi, namun implementasinya berbeda dengan apa yang ada di makalah tersebut.

Terima kasih yang sangat besar kepada Tim BlankOn Linux yang sudah mengadopsi fonta yang sudah saya buat. Terima kasih khususnya kepada Bapak MDAMT, yang sudah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar