Minggu, 29 Agustus 2010

Merasakan fitur MintMenu pada Ubuntu

Anda menyukai fitur MintMenu pada distribusi Linux Mint? Fitur ini merupakan daya tarik utama dari Linux Mint karena menunya yang sangat sederhana dan mudah digunakan. 

MintMenu pada Linux Mint 9 (Gambar diambil dari situs resmi LinuxMint)
Perlu anda ketahui bahwa menu dari Linux Mint tidak sama dengan fitur menu yang ada di openSUSE. Walaupun memiliki kemiripan, MintMenu memiliki sebuah kelebihan yaitu bisa menjalankan aplikasi langsung dari menu itu sendiri, tanpa perlu membuka jendela tambahan (seperti dengan menekan tombol More Applications pada openSUSE).

Nah jika anda pengguna Ubuntu Linux atau turunannya, anda juga bisa menikmati fitur ini pada distribusi kesayangan anda. Caranya gampang, berikut adalah langkah - langkah yang perlu anda lakukan :
 Pastikan anda memiliki koneksi Internet langsung untuk melakukan langkah demi langkah dibawah
  
Unduh paket MintMenu dari repository Linux Mint

Pertama-tama, bukalah Terminal melalui menu Applications | Accessories | Terminal. Kemudian ketik perintah berikut untuk mengunduh paket-paket yang diperlukan.
wget http://packages.linuxmint.com/pool/main/m/mint-translations/mint-translations_2010.02.02_all.deb; wget http://packages.linuxmint.com/pool/main/m/mint-common/mint-common_1.0.5_all.deb; wget http://packages.linuxmint.com/pool/main/m/mintmenu/mintmenu_4.9.9_all.deb
Tekan tombol Enter, dan proses unduhan akan berjalan.

Proses pengunduhan paket melalui Terminal

Pasang paket yang terunduh

OK, Jika paket sudah terunduh, anda bisa memasangnya dengan perintah berikut :
sudo dpkg -i mint*.deb 
Perintah tersebut berfungsi untuk memasang paket Debian (*.deb) yang diawali dengan kata "mint" pada folder saat ini berada.

Anda akan melihat pesan kesalahan setelah pemasangan, yang mengatakan beberapa paket belum terpasang. Untuk itu, anda bisa memasang paket tersebut melalui repository Ubuntu dengan perintah berikut :
sudo apt-get -f install
Tunggu hingga semua paket terpasang.

Tempelkan MintMenu di Panel

Karena semua paket sudah terpasang, sekarang Anda bisa memasukkan MintMenu kedalam Panel. Caranya gampang, tinggal klik kanan pada bagian Panel yang kosong, kemudian klik menu Add to Panel. Carilah "MintMenu" pada daftar dan klik tombol Add.

Menambahkan applet MintMenu pada Panel

Sekarang anda bisa melihat MintMenu muncul di panel. Untuk menggeser posisinya, klik kanan pada MintMenu dan pilih menu Move. Kemudian geser ke posisi yang anda inginkan dan akhiri dengan klik.

MintMenu di atas Panel
MintMenu setelah dibuka
Ubah ikon Menu

Untuk menghilangkan "identitas" Linux Mint pada MintMenu, anda bisa mengubah ikon MintMenu dengan klik kanan pada MintMenu dan memilih menu Preferences.

Pengaturan MintMenu
Ubahlah kotak teks Button icon. dengan lokasi gambar ikon yang anda inginkan. Ada beberapa contoh lokasi ikon yang anda bisa pilih :
  • Ubuntu Mono Light : /usr/share/icons/ubuntu-mono-light/apps/24/start-here.svg
  • Ubuntu Mono Dark : /usr/share/icons/ubuntu-mono-dark/apps/24/start-here.svg
Menu ini sangat mudah untuk dimodifikasi, anda bisa mengeksplorasi seluruh konfigurasi pada jendela pengaturan MintMenu.

5 komentar:

  1. silakan coba ini: http://frijal.com/ubuntu-system-panel/ ;)

    BalasHapus
  2. maap nih nyubi, mau nanya.
    kalo mau uninstall lagi gimana caranya?
    supaya balik lagi seperti semula. :-(

    BalasHapus
  3. @anonim

    cukup hapus applet yang ditambahkan di panel dengan klik kanan > delete. kemudian hapus paket-paket yang tadi diinstall dengan perintah berikut :
    $ sudo apt-get remove mint-translations mint-common mintmenu

    BalasHapus
  4. Oke, makasih gan.
    sepertinya gambarnya cantik nih.
    kalu begitu aku langsung coba.

    BalasHapus
  5. memang mengasyikkan ternnyata ya, bisa merasakannya..

    BalasHapus