Jumat, 27 Agustus 2010

Menghilangkan fitur "Unlock Keyring" pada GNOME

Ubuntu memiliki sebuah fitur untuk mengingat kata sandi yang akan digunakan untuk autentifikasi seperti pada saat menyambungkan jaringan WLAN yang digembok dan kata sandi yang digunakan untuk autentifikasi jaringan pesan instan (IM) dengan aplikasi Empathy

 Fitur pengingat sandi menanyakan Keyring Password untuk mengakses surel menggunakan aplikasi Evolution

Untuk menggunakan fitur ini, misalnya pada saat melakukan sambungan ke Y!M menggunakan Empathy, anda akan diminta kata sandi dari gembok itu (keyring password) terlebih dahulu untuk membuka koleksi kata sandi yang tersimpan. Jadi kata sandi tidak akan langsung dibuka untuk aplikasi yang memintanya. Kata sandi gembok biasanya sudah diset saat anda pertama kali menggunakan fitur penyimpan kata sandi.
Jika anda ingin menyetel agar kata sandi yang diingat akan otomatis digunakan oleh aplikasi yang menginginkan, tanpa perlu lagi menanyakan kata sandi tambahan lagi, anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara yang mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Klik menu Applications | Accessories | Password and Encryption Keys.
  2. Pada jendela aplikasi yang terbuka, klik kanan pada Passwords: login, kemudian pilih menu Change Password.
  3. Isilah kata sandi gembok kunci lama anda pada kotak Old Password, kemudian kosongkan dua kotak teks dibawahnya. Kemudian klik tombol OK.
  4. Terakhir, klik tombol Use unsafe storage pada kotak dialog yang muncul.
Sekarang, komputer tidak akan menanyakan kata sandi gembok kunci lagi jika anda membuka aplikasi yang menggunakan fitur penyimpanan kata sandi. Namun anda harus lebih berhati-hati, terutama jika komputer anda sering dipinjam oleh orang lain. 

3 komentar:

  1. salam kenal mas...

    saya sedang mengalami masalah dengan hal diatas.
    masalah yang saya hadapi adalah pasword lama saya lupa.
    adakah solusinya untuk membukanya.

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Mantab gan...terima kasih

    BalasHapus