Kamis, 08 Juli 2010

Berapa Rupiah-kah saya beli Pulsa dalam sebulan?

Pulsa, adalah suatu bahan pokok baru di abad 21 yang sudah masuk dalam kebutuhan sekunder. Bahan pokok ini dipasok ke suatu alat yang sering digenggam oleh banyak orang, baik siswa, pebisnis, petani, dsb yang disebut dengan Handphone alias Cellular Phone alias HP. Kebutuhan pokok ini ada, karena kebanyakan pengguna Handphone berlangganan ke suatu operator dengan sistem Prabayar (Prepaid). Jadinya, untuk bisa memanfaatkan fitur yang diberikan oleh operator, pengguna harus membeli suatu kredit (yang dikenal dengan istilah Pulsa) ke dalam akun langganan mereka.

Sumber gambar : http://technomobile.wordpress.com

Kali ini, saya akan memposting pengeluaran saya sendiri sebagai siswa untuk membeli Pulsa. Mungkin saja ini sekedar sharing dari saya, yang bagi sebagian orang tidak ada gunanya untuk dibaca. Namun ayolah, tidak ada salahnya untuk membaca postingan ini, siapa tahu bisa menjadi inspirasi terutama bagi para sesama siswa.


Kebutuhan saya menggunakan HP

Yang pertama adalah apa saja fitur yang dibutuhkan oleh saya dalam menggunakan HP. Fitur wajib dari HP (Telpon dan SMS) sangat saya butuhkan, dalam rangka komunikasi dengan teman sekolah, saudara, orang tua, dll. Volume saya dalam melakukan hal ini tidak begitu banyak, toh saya seringan nerima telepon dan mengirim SMS jika sedang badmood atau ada teman yang SMS ke saya. SMS rata-rata yang masuk ke Inbox HP saya adalah 10 - 40 per hari.

Kemudian untuk kebutuhan tambahan, saya memanfaatan fitur jaringan Internet melalui HP. Ini juga bukan tanpa alasan, karena : 1) Saya tidak betah sering-sering internetan lewat komputer (kecuali jika ingin mengunduh ISO Linux besar-besaran, 2) Saya tidak memiliki koneksi Internet di rumah yang sangat mahal dan 3) Saya juga anak muda yang ingin mengikuti lifestyle saat ini, saya ingin Facebook-an, Plurk-an, Twitter-an, Baca Berita Online, dan kirim Surel. Untuk point kedua, perlu saya tekankan disini bahwa saya bukanlah maniak Social Networking, saya memanfaatkan Social Networking untuk keuntungan saya pribadi dan bukan sekedar sarana untuk mejeng dan sok eksis. Jadi, volume Internet saya akan sangat boros apalagi jika operator menggunakan tarif Rp.5/KB.

Operator yang saya Gunakan

CATATAN: Tidak ada promosi suatu operator yang saya lakukan disini, setiap operator memiliki pangsa pasar dan setiap orang memiliki selera masing-masing dalam memilih operator seluler.

Sejak pertama kali menggunakan HP, saya sudah mencoba-coba berbagai operator yang ada di daerah saya. Telkomsel sinyal dan kualitasnya sangat bagus, tapi mahal. XL juga sama, tapi masih agak mahal daripada operator lain untuk lain operator, 3 sinyalnya payah, apalagi Axis. Jadi saya memilih Indosat, dengan kartu prabayar IM3-nya.

Sumber gambar : http://pulsagrup.wordpress.com

IM3 memilliki banyak fitur yang sangat murah dan hemat bagi saya, sebut saja 100 SMS gratis setelah mengirim 10 SMS (berlaku di Bali Nusra), kemudian fitur paket Internet dari IM2 dengan kuota dan tarif yang sangat terjangkau. Saya sendiri menggunakan paket Internet 125MB/bulan dengan tarif Rp.50.000,-

Jadi, berapa saya beli Pulsa dalam sebulan?

Semenjak bulan Juni 2010, saya menggunakan paket Internet dari IM2 dengan tarif Rp. 50.000/bulan, maka untuk setiap bulan saya akan selalu membayar untuk itu. Ternyata kuota 125MB sudah sangat cukup untuk saya yang sering melakukan chatting dengan Ebuddy, membuka Facebook, Plurk, dan membaca berita melalui Google Reader. Rata-rata saya menghabiskan kuota maksimal 3,5MB, jadi tentunya tidak ada masalah lagi.

Pengitungan kuota Internet sebulan

Sementara untuk kebutuhan Telpon dan SMS, sangat bervariasi tergantung banyaknya volume saya dalam bertelpon dan berSMS. Saya ambil contoh dalam bulan Mei sampai pertengahan Juni 2010, saya membeli pulsa rata-rata Rp. 10.000 / 10 hari (Sebulan saya membeli 3x @Rp. 10.000), kemudian musim Liburan Sekolah antara pertengahan Juni sampai Juli saat ini, karena seringnya menelpon saya mengabiskan pulsa Rp. 10.000 dalam 4-6 hari saja, dan dalam liburan ini saya sudah 6x membeli pulsa @Rp. 10.000.

Kesimpulannya?

Jadi rata-rata budget saya membeli pulsa adalah Rp. 80.000 - Rp. 120.000. Sangat mahal? Tentu saja, namun itu berimbang, karena saya sudah teracuni dunia Internet dan Social Networking. Dan mau bagaimana lagi, tidak ada panti rehabilitasi kecanduan Internet disini seperti di yang ada di China. Namun menurut saya, itu sudah berimbang, karena saya hampir tidak pernah untuk Internetan di warnet, sudah ada Hotspot gratis di sekolah maupun di tempat umum lainnya dan itu sudah lebih dari cukup, lain halnya dengan siswa lain yang kebanyakan masih membanjiri warnet-warnet di kota saya.

Dan satu hal yang penting lagi, saya berusaha untuk tidak membebani orang tua saya. Maka dari itu, saya selalu berusaha untuk mencari uang sendiri dengan cara halal, walaupun hasilnya tidak seberapa. Seandainya orang tua saya tidak mampu lagi, saya akan buang Nokia E63 yang saya gunakan saat ini dengan menggantinya dengan Nokia 1120 :-P

5 komentar:

  1. buang aja hp nya..buaang! :p
    saya..hmm... 45rb/inet.pake starone..50rb utk pulsa, bawa hp karena keadaan..hukz T.T

    BalasHapus
  2. haha, smart masih payah disini mah..:P

    BalasHapus
  3. Aku paling gak lebih dari 100rb, sudah untuk internet unlimited. Mungkin kalau ditambah pertayaan lagi, berapa bandwith yang dihabiskan tiap bulan ? jawabanku rata2 4GB - 4.5GB. :D

    BalasHapus
  4. GRIEYA SOLUTION, solusi untuk kecepatan dan kemudahan pulsa murah Anda.

    Kini, Anda bisa menghemat pengeluaran pulsa Anda. Cukup daftarkan diri Anda ke Grieya Solution dan Anda dapat menikmati pembelian pulsa dengan harga modal. Bisa untuk pakai sendiri dan dijual lagi. Mau dapat penghasilan tambahan? Daftarkan teman/kerabat Anda untuk mendapatkan passive income hingga Rp 100/transaksi.


    Keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai agen Grieya Solution:
    1. Pulsa MURAH dengan harga TERMURAH
    2. Transaksi cepat dan mudah 24 JAM NONSTOP via SMS, Yahoo!Messenger, atau GTalk.
    3. Modal awal kecil hanya Rp 10.000.
    4. Biaya pendaftaran / registrasi Agen GRATIS
    5. Satu kartu untuk transaksi semua jenis voucher dan operator (All in 1)
    6. Passive income hingga Rp 100 / transaksi dengan mendaftarkan downline. (BUKAN MLM)

    Informasi lebih lanjut : WWW.GRIEYA.COM (021 - 967 50 123)

    BalasHapus
  5. boros juga kita ternyata gan, sampai 200 ribuan perbulan,,,.

    BalasHapus