Kamis, 08 Juli 2010

Akhirnya, BlankOn 6.0 dirilis..

Setelah penantian selama setahun, dengan adanya penundaan rilisnya (semestinya dirilis setiap 6 bulan sekali), akhirnya BlankOn versi 6.0 dengan nama kode "Ombilin" telah dirilis. Anda dapat mengunduh BlankOn Linux melalui tautan ini. Bagi anda yang belum pernah mendengar distibusi Linux ini, BlankOn Linux merupakan distribusi Linux berbasis Ubuntu buatan anak bangsa yang dikembangkan secara komunitas dibawah naungan Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).


Beberapa fitur kunci pada BlankOn Linux 6.0 antara lain (liat Catatan Rilis untuk selengkapnya) :
  • Kernel Linux 2.6.32, GNOME 2.30, OpenOffice.org 3.2 dan beberapa aplikasi standar lainnya.
  • Antarmuka menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Desktop Berkonteks (semenjak BlankOn 5.0), membuat gambar latar belakang berubah sesuai dengan konteks waktu (Pagi, Siang, Sore, Malam).
  • Fitur Aksara Nusantara mendukung metoda input untuk aksara tradisional di Indonesia seperti : Aksara Bali, Batak Toba, Sunda dan Bugis (Lontara).
  • Web Browser Chromium (versi Open Source dari Google Chrome) menggantikan Mozilla Firefox.
  • Pemutar Musik Exaile (mirip Amarok) menggantikan Rhythmbox.
  • Dukungan lebih banyak modem USB.
  • Dukungan untuk arsitektur 64-bit.
  • dll.
Perlu diingat disini, bahwa BlankOn 6.0 menggunakan repository tersendiri yang tidak dapat dipadukan dengan repository milik Ubuntu. Anda dapat mengunduh versi DVD dari repository BlankOn melalui tautan ini.

Mari dukung penggunaan sistem operasi buatan anak bangsa dan cinta produk Indonesia menggunakan sistem operasi BlankOn Linux :-)

3 komentar:

  1. Selamat malam. Saya direkomendasi oleh mas Olanexur untuk mampir di sini. Saya sudah ngunduh ombilin dari miror unej blankon-6.0-cdlive-amd64 & i386, masing2 besarnya 691MB dan 697MB itu saya unduh selama hampir 2 hari. Tapi yang jadi permasalahan saya gak bisa nginstall di PC padahal sudah saya bakar di cd dan sudah booting cd menjadi yang pertama. Adakah solusi jitu untuk nginstallnya di pc ku ???
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  2. oh ya kalau bisa solusinya lewat emailku : sgharjono@yahoo.com . Makasih.

    BalasHapus
  3. selamat om....
    pengen berkontribusi, apa daya selalu banyak godaan :D

    BalasHapus