Senin, 10 Mei 2010

Repository alternatif untuk Ubuntu Linux

Dari segi cara instalasi software tambahan, Ubuntu dan Linux lainnya memang berbeda dengan cara di Windows. Di Ubuntu, ada sebuah sistem manajemen paket yang secara otomatis akan mengunduh, meng-install dan mengkonfigurasi atau menghapus perangkat lunak yang diminta oleh pengguna. Sedangkan di Windows, pengguna harus mendapatkan berkas Installer dari software bersangkutan secara manual.

Agar proses manajemen paket berjalan lancar, maka dibutuhkan software repository (sering diistilahkan dengan 'repo') atau gudang yang menyimpan paket-paket yang siap diunduh oleh manajemen paket (yang di Ubuntu disebut dengan APT). Ubuntu secara bawaan menyediakan repository resmi yang menyediakan lebih dari 25.000 paket software, yang telah diisi berbagai perangkat lunak FOSS yang ada saat ini.

Namun, pengunaan repository bawaan Ubuntu mungkin saja belum memenuhi kebutuhan perangkat lunak yang ingin digunakan. Anda mungkin menambahkan beberapa repository lainnya. Pada artikel kali ini, Wirama akan mengulas beberapa repository terkenal yang sering digunakan oleh banyak pengguna OS Ubuntu Linux.

Canonical Partner Repository
APT Line :
  • http://archive.canonical.com/ubuntu lucid partner <- Ubuntu 10.04
  • http://archive.canonical.com/ubuntu karmic partner < Ubuntu 9.10
  • http://archive.canonical.com/ubuntu jaunty partner < Ubuntu 9.04
Repository ini berisikan beberapa plugin yang sering digunakan dalam kebutuhan Internetan, seperti misalnya Java dan Adobe Flash. Selain itu, repository ini juga berisikan beberapa aplikasi non-FOSS lainnya yang bekerjasama dengan Canonical, sang sponsor Ubuntu.


Medibuntu (Multimedia, Entertainment, and Distractions in Ubuntu
APT Line :
  • http://packages.medibuntu.org/ lucid free non-free <- Ubuntu 10.04
  • http://packages.medibuntu.org/ karmic free non-free <- Ubuntu 9.10
  • http://packages.medibuntu.org/ jaunty free non-free <- Ubuntu 9.04
Medibuntu merupakan repository utama kedua untuk Ubuntu, berisikan berbagai aplikasi, pustaka, codec multimedia yang tidak dapat disertakan di dalam repository Ubuntu, karena adanya isu lisensi.

Getdeb.net
APT Line :
  • deb http://archive.getdeb.net/getdeb/ubuntu lucid-getdeb apps games <- Ubuntu 10.04
  • deb http://archive.getdeb.net/getdeb/ubuntu karmic-getdeb apps games <- Ubuntu 9.10
  • deb http://archive.getdeb.net/getdeb/ubuntu jaunty-getdeb apps games <- Ubuntu 9.04
Getdeb merupakan repository tambahan untuk Ubuntu berisikan software-software aplikasi dan games terkenal yang tidak terdapat pada repository utama Ubuntu. Untuk melihat aplikasi-aplikasi apa yang ada di Getdeb, anda bisa kunjungi website di www.getdeb.net.


Google Linux Repository
APT Line :
  • deb http://dl.google.com/linux/deb/ stable non-free
Repository khusus untuk aplikasi-aplikasi buatan Google yang mendukung Linux, seperti Google Picasa dan Google Desktop.

Hmm, sekian dulu pembahasan repository tambahan yang umum digunakan. Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan beri masukan ke saya. Sebenarnya masih banyak repository lain yang ada untuk Ubuntu, namun biasanya tidak kebanyakan digunakan dan bersifat experimental.

1 komentar:

  1. Mas, maaf sebelumnya saya tidak meminta izin Mas meng-copy postingan Mas ke blog saya.

    Tapi, sesuai dgn semangat open source "Learn and Share it, but Respect" saya tidak lupa mencantumkan alamat blog Mas Wiratama di blog saya.

    Trima kasih atas restunya, itupun kalau Mas merestuinya. Seandainya Mas tidak merestuinya, saya pasti akan menghapusnya dari blog saya.

    Wassalam,

    http://medinanet.blogspot.com/

    BalasHapus