Jumat, 30 April 2010

Ubuntu 10.04 LTS "Lucid Lynx" dirilis

Akhirnya, sesuai jadwal resmi yaitu tanggal 29 April 2009, Ubuntu versi ke-12, dengan nomor versi 10.04 LTS (Long Term Support) dan nama kode "Lucid Lynx" dirilis. Rilis ini benar-benar rilis yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta Ubuntu Linux di seluruh dunia. Karena pada rilis ini, banyak terdapat perubahan-perubahan. Tidak hanya peningkatan dari sisi kestabilan, kecepatan boot dan versi aplikasi yang baru, namun juga dari sisi logo, tema, warna dasar dan branding yang baru.

Embel-embel LTS pada rilis Ubuntu ini berarti dukungan yang lebih lama  (3 tahun untuk Desktop, dan 5 tahun untuk server) dibandingkan dengan rilis Ubuntu biasanya (1,5 tahun). Sebelumnya, rilis LTS ini sudah diterapkan pada Ubuntu versi 6.06 dan 8.04. 


Beberapa perangkat lunak terbaru yang tersedia pada Ubuntu 10.04 LTS antara lain : Kernel Linux versi 2.6.32, Desktop GNOME 2.30, Browser Mozilla Firefox 3.6, OpenOffice.org 3.2, dan masih banyak lagi.

Sumber : ubuntu.com
Selain itu, fitur menarik lain yang terdapat di dalam Ubuntu 10.04 LTS antara lain : Toko Musik Ubuntu One yang terintegrasi dengan pemutar musik Rhythmbox, aplikasi Gwibber yang membantu anda dalam melakukan twitting melalui Twitter.com, dan beberapa fitur yang memudahkan anda dalam memanfaatkan jejaring sosial.

Untuk mengunduh Ubuntu terbaru ini, silahkan menuju halaman http://www.ubuntu.com/getubuntu/download.

3 komentar:

  1. seperti nya menyenangkan neh ubuntu terbaru nya.apa udah di download file ISO nya?di kambing udah ada atau belum ya? :-)

    BalasHapus
  2. abynyaaliya3 Mei 2010 18.35

    bli...(maaf kalo salah nulisnya) udah coba upgrade ke lucid lynx belum??di postingan yg kemaren katanya masih ada bug-nya??

    BalasHapus
  3. @abynyaaliya: sepertinya masih, tapi frekuensinya lebih jarang. ureadahead kadang-kadang masih juga ngebug gak jelas gitu :D

    BalasHapus