Minggu, 11 April 2010

Photoblog: Pura Besakih

Pura Besakih merupakan kompleks Pura terbesar di Indonesia saat ini, letaknya berada persis di Kaki Gunung Agung. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Di Pura Basukian, di areal inilah pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali, sebagai pusatnya. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di komplek Pura Besakih. Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi.

Hmm, pada saat Upacara Bhatara Turun Kabeh beberapa hari yang lalu, Wirama menyempatkan diri untuk ikut sembahyang di Pura ini. Karena saking ramainya para pemedek (orang yang akan sembahyang) akan ikut sembahyang dan tangkil ke pura ini, maka Wirama beserta rombongan memutuskan untuk berangkat pagi-pagi sekali, agar tidak terlalu crowdeed.

Berikut skrinsutnya. Powered by Nokia 2700 Classic.
Suasana parkit mobil, tidak begitu crowdeed, tapi agak kotor karena sampah

 Jalan menuju ke komplek Pura Besakih. Pura yang anda lihat itu adalah Pura Penataran Agung Besakih, yang merupakan pusat dari semua kompleks pura yang ada di Besakih

Suasana setelah persembahyangan di Pura Padharman Ida Ratu Pasek, salah satu Pura Padharman yang ada di komplek Pura Besakih ini.

Suasana persembahyangan di Pura Penataran Agung Besakih
Gapura dari Pura Gelap

Pemandangan Bali daerah selatan yang bisa dilihat dari atas Pura Gelap 

Untuk mengetahui denah Pura Besakih lebih lanjut, bisa baca pada http://www.babadbali.com/pura/plan/besakih.htm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar