Minggu, 18 April 2010

Microsoft mengadopsi sistem manajemen paket di Linux

Hal yang saat ini masih sulit dilakukan pada sistem operasi Windows adalah pengembangan, kompilasi dan pengunaan aplikasi-aplikasi berlisensi Free Open Source Software yang kebanyakan dibangun pada sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux didalamnya). Ini disebabkan karena Windows dan UNIX itu sangat berbeda jauh, baik dari segi pustaka, API, maupun dari sistem manajemen berkas. Walaupun saat ini sudah terdapat berbagai aplikasi Free Open Source Software yang di-porting ke Microsoft Windows, namun itu adalah hal yang sulit dilakukan oleh para pengembang karena lagi-lagi masalah "perbedaan" ini.

Hal ini akan tidak perlu menjadi masalah lagi, karena kini pihak Microsoft sedang merancang dan membangun suatu sistem bernama CoAP (Common Open Source Application Publishing). CoAPP akan mengadopsi beberapa skema pengembangan dan instalasi perangkat lunak seperti pada sistem operasi berbasis UNIX pada Microsoft Windows. Berikut adalah hal-hal yang diadopsi :

  • Sistem pengelolaan binary, shared libraries, header dan berkas-berkas untuk pengembangan yang terstruktur rapi. Termasuk menghindari redundansi untuk berkas shared libraries.
  • Sistem instalasi software mengadopsi manajemen paket seperti di Linux (dengan APT/RPM-nya). Sehingga harus ada repository untuk menampung segala paket-paket perangkat lunak. Selain  itu juga untuk memudahkan proses upgrade perangkat lunak yang terpasang.
  • Sistem pengelolaan berkas konfigurasi yang terstruktur dan rapi juga.
Dan hal menariknya lagi, semua ini dikendalikan secara komunitas dengan restu dari Microsoft sendiri. Apakah ini pertanda Microsoft mendukung penggunaan dan pengembangan perangkat lunak berbasis pustaka FOSS? Hmm, entahlah.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proyek ini, silahkan klik halaman http://coapp.org.

1 komentar:

  1. pertamax!

    mikocok udah mulai niru-niru Linux neh ye... biar ngga punah dilawan Linux yg makin hari makin banyak, makannya biar ngga punah ama Linux bikin aja yg mirip dengan Linux (lmao)

    Contohnya :
    Bli Wira tau kan kalo Windows 7 mirip KDE4? (rofl)

    BalasHapus