Selasa, 27 April 2010

Lucid RC: RAM dimakan 380MB pada startup, Plymouth gak muncul bener, arrgghhh

Ah, masih banyak bug sana-sini sebelum Ubuntu 10.04 LTS dirilis. Dua masalah major yang saya dapatkan adalah :
  1. RAM yang dimakan pada saat startup kadang-kadang sampai 380MB-an, padahal biasanya sih cuman 150MB-an.
  2. Plymouth a.k.a Splash pada saat boot tidak mau muncul.
Saya menggunakan laptop Acer Aspire 4730Z untuk hal ini, dengan kartu grafis Intel GMA. Anda mungkin mengalami hal yang sama dengan saya. Ada dua bug yang mempengaruhi hal ini, yaitu bug pada ureadahead dan Plymouth (saya belum menemukan tautan bug-nya). Ureadahead ini sejatinya sangat bagus untuk mempercepat kecepatan booting pada Ubuntu, cara kerjanya anda bisa baca di http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1434502.

Solusi sementara, dengan terpaksa saya harus menambah kecepatan boot dengan menghapus si ureadahead. Gampang saja, tinggal diremove dari APT :D
sudo apt-get remove ureadahead
Terakhir untuk Plymouth, berdasarkan solusi yang diberikan pada tret http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1462765, maka saya lakukan dua perintah berikut :
sudo echo FRAMEBUFFER=y > /etc/initramfs-tools/conf.d/splash
sudo update-initramfs -u
OK sukses, Ubuntu Lucid tidak lagi rakus memakan RAM setelah 25x saya restart ulang. Bootscreen pada startup juga ditampilkan dengan lancar, plus animasinya. Tapi, waktu boot jadi banyak dikorbankan deh (alias makin lama) T.T.

INI SOLUSI SEMENTARA, JIKA BUG SUDAH DIPERBAIKI, KEMBALIKAN KONFIGURASI SEPERTI SEMULA!

3 komentar: