Sabtu, 17 April 2010

Beda Jurusan, Beda Kalkulator-nya

Hmm, masing-masing jurusan atau kelas program di SMA memiliki jenis kalkulator-nya sendiri. Baik itu anak IPB (Ilmu Pengetahuan Bahasa), IPA (Ilmu Pengetahuan Alam Gaib) dan juga IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Mari simak gambar berikut :

Yang ini kalkulator untuk anak IPS, sayangnya tidak bisa digunakan untuk menghitung tingkatan sosial di masyarakat. Sangat efektif untuk Mata Pelajaran Akuntansi. Namun si Pabrik pembuat tidak mengakui ini sebagai Social Calculator, melainkan ditujukan sebagai Kalkulator untuk Dagang. (Sumber gambar : joesherlock.com)

Yang ini tentu saja anda tahu, Scientific Calculator khusus untuk anak IPA. Dengan banyak tombol dan ukuran tombolnya yang kecil-kecil. Banyak sekali jenisnya, dengan variasi harga tertentu. Ada yang bisa sekedar menghitung cos, sin, tan, fraction, dsb dan bahkan ada juga yang sudah dilengkapi dengan berbagai rumus fisika siap pakai. Namun jika digunakan untuk keperluan ekstrim seperti untuk melempar sesuatu ke kepala guru, mungkin risiko nyawa dan harta lumayan agak tinggi. (Sumber gambar : pricebustershopping.com)

Nah ini kalkulator anak IPB alias anak Bahasa. Sebenarnya fungsi utama dari alat ini adalah menerjemahkan kata-kata dari suatu bahasa ke bahasa lainnya, kecuali bahasa binatang tentunya. Fitur kalkulator tidaklah fitur utama, karena anak bahasa memang nggak doyan yang namanya menghitung, kecuali mungkin menghitung angka dari 1 - 10 dalam Bahasa Jepang atau Bahasa Prancis. (Sumber gambar : indonetwork.web.id)

Sudah paham bukan? Jadi bijaklah dalam memilih jenis kalkulator sesuai keperluan :D

2 komentar:

  1. yg kalkulator pertama tuh utk mau dagang di kaki lima atau buka toko maka itu kalkulator yg harus digunakan

    kalkulator kedua hanya dipakai utk orang2 yg pintar n tau gimana menyelesaikan suatu persoalan statistik maupun trigonometri

    nah kalkulator yg ketiga neh hanya dipakai oleh orang yg ga ngerti bahasa english sama sekali.selama aq belajar english tidak sekalipun aq make kalkulator itu biasanya aq lebih suka make buku kamus yg lebih lengkap n jelas.

    BalasHapus
  2. kalkulator ketiga sering salah (sleeping)

    dan km bakal nemuin lebih banyak jenis kalkulator waktu masuk bangku perkuliahan.. bahkan ada kalkulator untuk jurusan farmasi :D

    BalasHapus