Sabtu, 20 Maret 2010

Narsis dengan Cheese

Narziz atau Narsis atau sering juga dieja dengan Narsies (yang jelas bukan Najis) adalah suatu istilah baru yang diplesetkan dari istilah yang diplesetkan dari arti aslinya oleh anak muda jaman sekarang. Jika orang tua yang agak kuper mendengarkan istilah itu, pasti terkaget-kaget. Padahal, kalau di jaman sekarang itu, narsis itu hanyalah suatu hobi untuk memotret foto dirinya sendiri dengan gaya yang cenderung berlebihan (kalau gaya biasa mah namanya pas foto :-D).

Bagi anda yang memiliki hobi seperti itu, anda bisa memanfaatkan webcam di komputer atau notebook anda untuk digunakan bernarsis-ria (istilah yang maksa banget :-P). Linux menyediakan aplikasi untuk keperluan ini yang lumayan lengkap, namanya adalah Cheese. Aplikasi ini biasanya sudah disertakan pada banyak distribusi modern saat ini. Jika belum terpasang, anda bisa gunakan fitur Add/Remove pada distribusi masing-masing agar di-installkan melalui repository.

Untuk membuka aplikasi Cheese, silahkan klik menu Applications | Sound & Video | Cheese Webcam Booth (pada desktop GNOME). Aplikasi ini berbasis GTK+, walau begitu anda masih bisa membuka dengan lancar melalui desktop non-GTK+ seperti KDE.


Cheese menyediakan  tiga macam mode pemotretan yang bisa anda pilih, yaitu Photo (untuk mengambil sebuah foto), Video (untuk mengambil gambar bergerak + suara), dan Burst (Mengambil banyak foto sekaligus). Anda bisa memilih salah satu mode, klik pada menu Cheese. Kemudian untuk mengambil gambar, tinggal klik tombol Take a Photos/Take Multiple Photos/Take a video. Secara otomatis Cheese akan menghitung mundur sebelum photo diambil.


Anda juga bisa memberi efek tertentu pada hasil jepretan, melalui tombol Effects. Ada banyak efek yang tersedia, dan bisa anda pilih sesukanya (bisa juga pilih lebih dari satu efek sekaligus).

Rating Wirama : * * * * * (Mantab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar