Rabu, 03 Maret 2010

Instalasi software di Ubuntu secara offline

Sistem manajemen paket APT pada distro Ubuntu Linux ternyata tidak hanya memudahkan, tapi ternyata sangat menyulitkan dan menyesatkan jika komputer anda tidak terkoneksi ke komputer secara langsung.

Mengapa demikian? Karena APT harus mengunduh daftar paket software serta mengunduh paket software yang diinginkan harus melalui suatu repository yang biasanya terdapat di Internet. Anda mungkin beruntung jika di jaringan anda sudah terdapat server untuk menampung repository tersebut, atau anda sudah memiliki DVD repository Ubuntu.

Namun bagi anda yang tidak memiliki repository, ataupun yang versi DVD-nya (karena biasanya hanya 5% paket dari repository yang diambil), anda bisa gunakan layanan bernama APT-WEB yang dibuat oleh Mas Fajran, alamatnya ada di http://apt-web.dahsy.at/.


Cukup tentukan versi distribusi Ubuntu yang digunakan, kemudian tentukan mirror yang diinginkan dan nama paket yang ingin anda unduh (pisahkan dengan spasi untuk setiap nama paket). Kemudian apt-web akan memberikan daftar URL paket yang perlu anda unduh, dan itu sudah termasuk paket-paket ketergantungannya atau dependency, sehingga tidak akan terjadi dependency error nantinya. Malas klik satu-satu untuk mengunduh, gunakanlah tool mengunduh semacam DownThemAll untuk melakukan hal tersebut =D

Setelah diunduh, satukan pada satu folder. Kemudian masuk ke terminal pada sistem operasi Ubuntu anda, lalu masuk ke folder tempat anda menaruh paket-paket tadi (Gunakan perintah "cd /lokasi/folder"), terakhir ketik perintah berikut untuk memasang kesemua paket :

sudo dpkg -i *.deb

Selesai, semua paket yang anda inginkan telah terpasang :-).
Oh iya, bagaimana jika ingin mencari-cari paket yang ingin dibutuhkan? Silahkan menuju ke http://packages.ubuntu.com untuk melakukan pencarian nama-nama paket.

Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. wah, klo gtu kan masih tuh harus dapat terkoneksi dengan internet untuk mengunduh paket debian tersebut??

    BalasHapus