Jumat, 29 Januari 2010

Yahoo! menjadi search engine default pada Ubuntu 10.04 LTS

Saya masih belum tahu apakah ini kabar baik atau kabar buruk atau tidak baik tidak buruk. Yang jelas, perusahaan Canonical ltd sebagai perusahaan dibalik distro populer Ubuntu Linux mengungumkan bahwa pada versi Ubuntu 10.04 LTS akan menggunakan Yahoo! sebagai search engine default pada aplikasi browser Mozilla Firefox, seperti yang saya baca dari Arstechica.


Pemimpin dari Canonical's Desktop Team, Rick Spencer mengungumkan hal ini pada 27 Januari yang lalu. Hal ini akan mulai diaplikasikan pada rilis testing selanjutnya secepat mungkin, jadi mungkin jika anda sedang mencoba menggunakan Ubuntu Lucid Lynx versi testing dan kemudian meng-upgrade-nya, maka Yahoo! akan mulai digunakan sebagai search engine default pada Firefox.

Ditegaskannya, bahwa pengunaan Yahoo! sebagai search engine default ini adalah sebagai bentuk kerjasama pihak Canonical dengan perusahaan Yahoo! agar Canonical mendapatkan keuntungan uang yang akan melanjutkan kelangsungan pengembangan Ubuntu. Perlu anda ketahui bahwa saat ini Google membayar Mozilla agar search engine mereka digunakan sebagai default pada browser Firefox pada umumnya. Mozilla dilaporkan mendapatkan keuntungan sekitar 78,6 juta dolar. 
Selain Canonical, ternyata perusahaan Dell juga sudah jauh-jauh hari menggunakan Yahoo! sebagai search engine default pada sistem operasi Ubuntu yang disertakan pada beberapa seri laptop Dell agar mereka juga mendapatkan keuntungan.

Nah kalau sudah begini, mau bagaimana lagi. Apapun bisa dilakukan jika sudah ada Uang! Jika merasa nyaman dengan Google, anda bisa saja mengganti search engine default pada Mozilla Firefox, atau sekalian gunakan Google Chrome saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar