Senin, 11 Januari 2010

Mengunduh Video Youtube tanpa perlu Mengunduhnya

Judulnya rada aneh kah? Nggak koq, masih masuk akal.

Maksudnya tidak perlu mengunduhnya adalah anda tak perlu mengunduh video Youtube yang baru saja anda tonton, karena browser anda sudah mengunduhkannya untuk anda :-D. Bagaimana caranya? Kali ini saya akan membahas trik singkat mengambil video yang sudah anda tonton dari Youtube menggunakan browser Google Chrome.
Sebenarnya browser apa saja bisa anda gunakan, asalkan memiliki fitur cache yang menyimpan beberapa objek di dalam web secara sementara di harddisk.

Untuk mendapatkan file video yang diputar di Youtube, pastikan video yang anda tonton sudah dibuffer secara penuh. Akan sangat baik untuk menggunakan Linux. Mengapa? Karena file manager di Linux rata-rata menampilkan thumbnail dari suatu berkas walaupun ekstensinya gak disebut.

Silahkan coba sendiri, buka video favorit anda di Youtube menggunakan Google Chrome. Kemudian jika sudah dibuffer penuh, buka folder ~/.cache/google-chrome/cache, dalam contoh ini menggunakan file manager Nautilus pada GNOME (Defaultnya Ubuntu). Carilah thumbnail dari video tersebut, pastikan file tersebut benar-benar video. Cara mengetahuinya? Kalau video ada gambar strip nya di sebelah kiri dan kanan.



Kemudian? Klik ganda aja atau salin ke folder tertentu. Maka video bisa anda nikmati. Ingat, ubah nama video sesuai dengan judul dan tambahkan ekstensi .flv, agar si Windows bisa membacanya =))


3 komentar:

  1. Bli,
    apa yang terjadi dengan cache file setelah itu? apa akan terhapus sendiri secara otomatis?

    thanks

    BalasHapus
  2. sepertinya iya, tapi waktunya kapan saya kurang tahu..

    BalasHapus
  3. kalo saya sih tinggal masuk ke /tmp aja... trus copy paste

    BalasHapus