Kamis, 17 Desember 2009

VISI SAYA

VISI SAYA
Oleh Putu Wiramaswara Widya
Ditulis pada hari Rabu Tanggal 16 Desember 2009

Ehhm,
Ini adalah suatu pemikiran yang muncul secara tiba-tiba, setelah guru spiritual saya meninggal (yang biasa saya sapa dengan `Ninik`). Pikiran ini muncul akibat rasa jengah saya untuk : 1) Mencari uang, 2) Menambah skill di bidang komputer dan penulisan. Hanya dua visi itu, dan tiba-tiba kepikiran untuk saya untuk membeli Domain + Web Hosting dan meminta restu dari bapak, namun karena kekurangan menyampaikan visi dan misi, dan saya masih belum siap untuk bicara (sebenarnya), ya apa daya? Tidak langsung dapat nyebrang karena ada ombak di selat.

Jadi, apa sebenarnya maksud saya beli Domain + Web Hosting itu sendiri? Ada berbagai macam planning yang akan saya sampaikan dalam post ini. Planning ini sudah ada sejak lama, namun belum sempurna jika hanya diingat di otak saja. Jadi perlu menuliskan blue-print nya secara jelas (menyusul setelah post ini). Dari dua visi dari rasa kejengahan yang saya jelaskan tadi, bahwa ada beberapa poin yang akan saya lakukan :

1) Membuat Website Pribadi
2) Menyempurnakan Blog Pribadi
3) Memulai membaca literatur Linux berbahasa Indonesia maupun Inggris
4) Memulai menulis literatur Linux berbahasa Indonesia maupun Inggris dalam format e-book, Buku Cetak atau Post Blog
5) Membuat toko sederhana untuk menjual e-book saya
6) Membuka rekening, membuat akun Paypal
7) Mulai mencari peluang bisnis di Internet

Tujuh point tersebut akan saya jelaskan secara rinci di bawah ini. Saya sangat terobsesi dengan salah seorang kolumnis dan penulis Yahya Kurniawan (Oom Yahya), karena bisa menghasilkan uang dari hanya menulis artikel di majalah, maupun menulis buku. Jadi saya akan melakukan start seperti apa yang beliau lakukan.

1. MEMBELI DOMAIN SENDIRI + WEBSITE SENDIRI

`Hare gene gak punya blog?` itu sudah biasa saya dengar, toh saya sudah punya blog di alamat http://wiramaswara.blogspot.com. Namun kalau website pribadi? Apa advantagenya? Menurut saya beserta cross-check mempelajari website teman-teman saya seperti yahyakurniawan.net, secundaputri.com, itachi.web.id, haerulrijal.web.id, stallman.org, dan banyak website lainnya, 80% teman saya beralasan untuk MEMPERPENDEK ALAMAT BLOG YANG SUDAH MEREKA PUNYA, namun saya tidak terlalu tertarik dengan strategi tersebut, saya akan arahkan blog utama saya ke http://blog.domain.com, dan pada www akan saya buatkan website pribadi statis html tanpa ada unsur CSS, berisikan intro, informasi tentang saya, album foto saya, seperti layaknya layar Info di Facebook. Halaman home akan mengarahkan ke beberapa divisi atau subdomain seperti misalnya blog, store, photos, news, dsb. Inspirasinya? Dari website-nya Richard Stallman di stallman.org.

Strategi lainnya adalah mengarahkan www ke alamat blog saya, dan mengubah blog saya agar terkesan seperti portal, dengan tautan ke berbagai divisi di bagian Header dan juga berbagai info di side panel Blog. Hal ini dilakukan oleh Om Yahya Kurniawan di websitenya, yaitu yahyakurniawan.net.

2. MENYEMPURNAKAN BLOG PRIBADI

Salah satu divisi dari website saya adalah blog. Blog akan saya sempurnakan, gaya bahasa di Blog akan dipertahankan, namun yang disempurnakan adalah interval penulisan blog serta peningkatan penulisan post dalam Bahasa Inggris. Dulu saya sudah melakukan hal ini, namun saya akan melanjutkannya mulai sekarang.

3. MEMULAI MEMBACA LITERATUR LINUX LEBIH SERIUS

OK, sudah banyak literatur mengenai Linux di perpustakaan saya, dan di koleksi e-book saya (ada berbahasa Indonesia dan bahasa inggris). Walaupun e-book kebanyakan adalah e-book bajakan :D. Namun, saya akan lebih serius lagi membacanya, memahaminya, mempraktekannya. Hal yang akan saya serius-kan lagi adalah membaca literatur berbahasa Inggris dengan seksama. Ini akan menambah vocabulary dan kemampuan English saya, serta menambah skill saya tentunya.

4. MULAI MENULIS LITERATUR LINUX

Setelah membaca, saya akan mulai menulis literatur Linux berbasis e-book atau buku cetakan. E-Book hasil karya saya, akan saya gratiskan beberapa dan ada saya jual, sebagai salah satu barang jualan di Toko Online yang saya buat. Saya juga akan menulis buku cetakan yang akan saya koordinasikan dengan penerbit tertentu.

Tentunya, ini menjadi pemasukkan uang bagi saya, walaupun tidak harap-harap banyak terhadap uang (Minimal bisa beli Pulsa dan jajan). Jadi, apa salahnya mencari pemasukan? Malah lebih bagus.

5. MEMBUKA TOKO ONLINE SEDERHANA

Hasil karya saya berupa e-book yang tidak saya bawa ke penerbit, akan saya jual lewat toko online saya sendiri. Website toko online akan menjadi subdomain tersendiri, di toko.domain.com. Toko juga akan saya gunakan untuk menjual CD/DVD Linux, terinspirasi oleh Baliwae :D

Namun, untuk membuat toko online sendiri, diperlukan sebuah syarat. Yaitu memiliki rekening di berbagai Bank. Tentunya untuk sumber mendaratnya uang dari pembeli. Dan juga, akan diusahakan untuk mendaftarkan diri ke Paypal, agar transfer Uang menjadi lebih mudah.

6. MEMBUAT REKENING, MEMBUAT AKUN PAYPAL

Sudah jelas di poin nomor 5 >:)

7. MULAI MENCARI PELUANG BISNIS DI INTERNET

Terinspirasi dari seminar Bisnis Online yang diadakan bulan Oktober 2009 oleh UNUD, saya menjadi tertarik untuk mencari peluang bisnis ini. Salah satunya yang sudah di-plan adalah toko Online seperti poin nomor 5. Selain itu, apapun itu bisnis di Internet, asalkan halal dan memenuhi syarat, saya akan ikuti. PPC kah, MLM kah (yang sudah terpercaya), Referal kah (sejenis dengan MLM).

7 poin tadi sudah dijelaskan secara gamblang. Bagaimana mewujudkannya? Tentunya semua berhulu dari MEMBUAT LITERATUR LINUX. Kemudian untuk menunjangnya dibuatkan Website, dan dijual melalui Toko Online. Poin 2 dan 7 hanyalah tambahan saja. Jadi saya harus memulai untuk MEMBACA DAN MENULIS LITERATUR LINUX, ini memerlukan latihan dan mencoba tentunya, jika sudah terbiasa maka pesawatpun bisa dikendalikan dengan sempurna :-) Jadi hal ini diawali dengan planning menulis beberapa buku. Buku tentang Linux yang sekiranya dibutuhkan oleh pembaca dan kesediannya di pasaran yang belum ada atau sedikit. Diawali dengan menulis berbahasa Indonesia, baru kemudian memutakhirkan diri untuk menulis Bahasa Inggris, dengan terlebih dahulu meningkatkan skill Grammar dan Vocabulary Bahasa Inggris saya.

Agar tidak menganggu jam belajar di SMA, maka saya akan membuat aturan waktu sederhana: Pada masa liburan, waktu pengetikan akan diawali jam 1 sampai jam 5 sore dan akan mengerjakan beberapa buku sekaligus. Sedangkan pada jam belajar, terpaksa penulisan buku diperlahan dengan jam terbang menulis saya pada jam 2 sore sampai 4 sore. Kebetulan semester akhir ini, saya sulit mengatur waktu. Karena? kecanduan Social Networking yang parah dan akhirnya saya bisa melawannya mulai pertengahan November, kemudian karena daya tahan tubuh kurang karena kurang mengkonsumsi Vitamin C, sehingga setiap pulang, pasti saya menepar dan akhirnya ngantuk.

Semoga planning saya ini sukses, tentunya dengan Do'a dan Restu dari Orang Tua, Saudara dan Teman-teman sekalian.

Special thanks untuk Mbak Rani Indastria (@call_neenu) telah menyarankan saya untuk menulis proposal ini :D

1 komentar:

  1. Wah salut dengan semangatnya ! Tetapi ada satu kata kunci di sini : Mulai dari saat ini, mulai dari apa yang bisa, mulai dari diri sendiri. Misalnya, uji cobalah tulisan itu dalam bentuk artikel. Pasang di blog ini, kalau banyak sambutan dan saran, coba kirim ke majalah (InfoLinux misalnya). Pasti akan lebih pedhe deh, kalau udah mulai melangkah berkarya, walaupun mulai dari yang kecil.

    BalasHapus