Rabu, 23 Desember 2009

Instalasi Ubuntu 9.10 di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Semarapura

Akhirnya semangat IGOS menggema juga di sekolah saya yang satu ini, di SMA Negeri 1 Semarapura yang terletak di kota Semarapura, Klungkung ini, dengan di-install-kannya Ubuntu versi 9.10 Karmic Koala pada seluruh komputer.




Dulu sebenarnya komputer-komputer sudah terpasang dengan sistem operasi Xubuntu 8.10, namun sayang, itu tidak cocok untuk kurikulum disini :D, jadinya sekarang mumpung saya lagi liburan, saya bersama teknisi komputer disini langsung saja mengganti-nya dengan Ubuntu 9.10. Tinggal format partisi Linux lama, lalu di-install-kan ke partisi tersebut. Selesai sudah. Thanks to Alit Sudarsana sudah mempersiapkan partisi Linux jauh-jauh hari :-).

Setelah di-install, maka tidak perlu diatur banyak-banyak lagi. Tinggal kecilkan Fonta sistem menjadi 9 (karena fonta bawaannya yang terlalu besar). Beres sudah. Tidak perlu rasanya untuk memasang paket tambahan. Dipasangi game? Nanti malahan dijadikan tempat tongkrongan Game Online ini Labtikom. Firefox, OpenOffice.org sudah cukup sebagai bahan ajar disini.

Ngomong-ngomong tentang pengajaran Linux, ini hanyalah inisiatif dari guru kelas X, yaitu Bapak Cokorda Agung Semaraputra. Guru-guru lain sepertinya kurang greget untuk melakukan pengajaran Linux ini. Tapi tak apalah, yang penting sudah dikenalkan Linux saja sudah beruntung mereka. Dan inisiatif ini baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2009/2010, jadi angkatan saya gak kebagian Ilmu untuk Linux-nya :-(. Tak apalah juga, toh Dinas Pendidikan Klungkung sudah akan melakukan program pelatihan bernama OSGS (Open Source Goes to School) oleh Bapak Wayan Sudiarsa.

Sekian dulu cerita saya hari ini, dan saya baru nyadar kalau saya jarang sekali nge-blog saat ini. Untuk ini maka saya akan menulis berbagai macam post hangat seputar Linux dan Networking seperti biasanya.

Kata pepatah, NO SKRINSUT = HOAX, OK ini skrinsutnya...


3 komputer sedang dipasangi Ubuntu 9.10

Beginilah Labtikom dari SMA Negeri 1 Semarapura, semua komputer baru

Ini adalah seseorang sedang menginstall Ubuntu-nya

Labtikom lengkap dengan LCD Projector + Air Conditioner seadanya

Peralatan geek yang saya miliki punyaan orang, HP Mini 110

Bapak teknisi kita, Putu Supraptha

PC milik guru, masih menggunakan Jaunty *belum berani ngapgred*

1 komentar: