Rabu, 04 November 2009

REVIEW: UBUNTU 9.10 NETBOOK REMIX PADA ACER ASPIRE ONE P4315A

Setelah selesai mengunduh Ubuntu 9.10 Netbook Remix dengan mengandalkan bandwidth dari sekolah yang "lumayan" kenceng, saya langsung memasangnya pada netbook saya ibu saya, Acer Aspire One Pro seri P531A.


 

Jika anda ingin mengunduhnya juga, bisa klik tautan berikut :

Sebelumnya, netbook sudah terpasang dengan Ubuntu 9.04 Desktop yang biasa sejak netbook dibeli pada bulan Agustus (Pernah baca postingan saya tentang Laptop yang punya anak itu bukan? :D). Namun sayangnya, LAN tidak terdeteksi secara otomatis karena drivernya belum ada. Walaupun hal itu bisa dipecahkan dengan memasang drivernya.

Berkas unduhan dari Ubuntu 9.10 Netbook Remix tidak menggunakan format IMG, seperti pada versi sebelumnya. Melainkan menggunakan format ISO yang tentunya siap di-burn ke CD. Namun karena netbook saya tidak ada CD-nya, saya andalkan saja flashdisk KINGSTON 8 GB saya untuk disalinkan Ubuntu 9.10 Netbook Remix versi Live dengan bantuan aplikasi Unetbootin. Penyalinan dengan Unetbootin bisa menggunakan sistem operasi Windows, atau melalui sistem operasi Ubuntu (silahkan install paket "unetbootin" melalui repository Ubuntu).

Setelah disalin ke flashdisk, maka dilakukan booting melalui flashdisk pada netbook. Tentunya, atur terlebih dahulu BIOS komputer anda. Kemudian pada saat muncul teks "boot: ", tekan enter saja. Maka splash screen Ubuntu akan muncul yang tentunya berbeda dengan versi sebelumnya.

Setelah lambang Ubuntu yang menyendiri tersebut muncul beberapa saat, langsung masuk ke desktop Ubuntu Netbook Remix yang khas. Penampilan dan cara penggunaan Ubuntu 9.10 Netbook Remix pada dasarnya sama dengan yang versi 9.04. Hanya saja ada beberapa perubahan pada penampilan desktopnya. Daftar folder tidak dimunculkan di bagian kanan layar, namun diletakkan di dalam menu Files&Folder.

Ternyata, LAN di netbook saya sudah terdeteksi secara out-of-box, tidak seperti Ubuntu versi 9.04. Penampilan Ubuntu Netbook Remix terasa sangat simple dan cocok untuk netbook yang layarnya beresolusi sempit. Terus Bluetooth? Webcam? dan sebagainya? Untungnya semua terdeteksi dengan baik di Ubuntu ini tanpa perlu setting-settingan apa lagi.



OK sekian test drive saya, semoga bisa menjadi tuntunan yang baik bagi anda.

3 komentar:

  1. huaaaaa webcam ku (axio zetta ten) mpe sekarang belum terdeteksi :((

    BalasHapus
  2. wooowww,bagus Boz.tapi ane mau tanya,netbuk aspire ini masih pakek windows kagak??apa pakek UNR full??

    BalasHapus
  3. @yogieza: masih dunk...percuma windows asli nya...=D

    @dudu: lspci!

    BalasHapus