Kamis, 08 Oktober 2009

SUSAHNYA MENGUNDUH UBUNTU 9.10 BETA (DOH)

Hari sabtu minggu lalu, pada saat hari presentasi karya tulis saya, saya menyempatkan membaca e-mail saya, dan saya langsung tertuju pada e-mail yang berjudul "Ubuntu 9.10 Beta Released", langsung saya unduh untuk merasakan versi testing terbaru dari Ubuntu Karmic Koala ini.

Sayangnya, kecepatan yang saya dapatkan kecil sekali, seperti tarif nelpon saja, 0,01 kBps (doh). Mungkin ini disebabkan karena banyaknya orang yang mengunduh, padahal kecepatan internet sedang kenceng-kencengnya di Universitas Udayana. Langsung saja, saya batalkan unduhannya dan saya lanjutkan melalui mirror kambing.ui.ac.id, karena mirror ini lumayan kenceng diakses di berbagai Universitas. Namun, kambing belum menyediakannya, sehingga saya memutuskan untuk mengunduh melalui mirror Universitas Jember (mirror.unej.ac.id). Dapat kecepatan 68 kBps, lumayan lah...

Sayangnya, waktu mengunduh saya tidak cukup, jadinya saya terpaksa pause pada 60% (bukan 68%). Saya lanjutkan keesokan harinya di sekolah, namun apa daya, kecepatan akses ke mirror UNEJ hanyalah 4 kBps, itupun kadang nge-lag. Jadi saya kembali menggunakan mirror Kambing. Anehnya, di mirror kambing berkas ISO nya masih belum ada, padahal folder untuk menampung sudah dibuat beserta MD5SUMS nya (doh).




Terakhir, saya putuskan mengunduh berkas .torrent untuk Ubuntu 9.10 Beta dari www.linuxtracker.org. Saya gunakan aplikasi VUZE untuk mengunduh sisanya, ternyata dapat kecepatan yang lumayan euy, 95 kBps. Tapi, ya risiko internet melambat ditanggung bersama (satu sekolah). Haha..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar