Kamis, 22 Oktober 2009

SOLUSI UBUNTU TIDAK BISA MENERIMA BERKAS DARI BLUETOOTH

Secara default, aplikasi Bluetooth applet pada Ubuntu tidak mendukung penerimaan berkas dari device Bluetooth secara default. Bluetooth applet hanya bisa digunakan untuk mengirim atau meramban isi berkas pada suatu device bluetooth.

Agar anda bisa menerima file, anda harus memasang paket "gnome-user-share" yang sudah ada di repository Ubuntu. Anda bisa memasang paket tersebut dengan perintah berikut :

$ sudo apt-get install gnome-user-share

Pastikan repository Ubuntu telah disetel dengan baik, kemudian bukalah pengaturan GNOME User Share melalui menu System > Preferences > Personal File Sharing.



Kemudian, beri tanda centang pada "Receive files in Downloads folder over Bluetooth". Agar anda diberitahu jika ada penerimaan file, anda juga bisa memberi tanda centang pada "Notify about received files". Selain itu, agar komputer selalu menerima berkas dari Bluetooth, atur opsi "Accept file" menjadi "Always". Terakhir, klik tombol "Close".

Sekarang anda bisa mengirimkan suatu berkas ke komputer/netbook anda menggunakan bluetooth. Berkas yang dikirim akan secara otomatis disimpan di folder HOME/Downloads.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

1 komentar: