Senin, 26 Oktober 2009

[NEWBIE] SAYA INGIN BELAJAR LINUX, APA YANG PERLU SAYA LAKUKAN?



Anda benar-benar ingin belajar Linux? Artikel ini akan menuntun anda apa saja yang musti dilakukan untuk mempelajari sistem operasi Linux. Modal awal yang anda perlukan dalam mempelajari Linux adalah 4 :

  1. B.E.L.A.J.A.R, apapaun hal baru yang ingin anda ketahui, pastinya melalui proses yang disebut pelajar.
  2. W.A.K.T.U, anda harus meluangkan waktu anda untuk mempelajari Linux. Jangan belajar Linux pada saat anda sedang bekerja, karena takutnya malah akan menurunkan produktivitas anda.
  3. U.S.A.H.A, dibutuhkan usaha jika anda menemui masalah. Jangan ragu untuk bertanya kepada teman lain yang ahli.
  4. S.A.B.A.R, modal penting yang anda perlukan adalah kesabaran. Ingat! Orang yang sabar disayang oleh tuhan (nyomot kata pak Ustad dikit).
Kesemua modal awal itu harus anda miliki. Satu saja modal tidak anda miliki, maka satu kalimat yang saya sarankan kepada adalah "urungkan niat anda untuk belajar Linux".

Baiklah, jika modal awal itu sudah anda miliki, mari kita bereksplorasi lebih lanjut. Artikel ini tidak akan berseri menjadi berbagai seri, agar proses pembelajaran menjadi lebih klop. Artikel juga bisa dibaca oleh orang yang sudah mengenal atau sudah terbiasa dengan Linux, hitung-hitung sebagai tambahan referensi.

BACA-BACA SEDIKIT ARTIKEL MENGENAI LINUX (TIDAK WAJIB)


Sebelum menggunakan, ada baiknya anda membaca sedikit membaca berbagai artikel di Internet mengenai Linux. Seperti artikel tentang apa itu Linux sebenarnya, apa saja software di Linux dan apa saja distro Linux yang ada saat ini. Berikut adalah beberapa post dari blog saya yang layak anda baca :
Hal ini sebenarnya tidak wajib, tapi hitung-hitung supaya anda lebih mengerti dan tidak akan rancu mengenai istilah-istilah yang mungkin saja anda temukan di Linux.

DISTRO PERTAMA ANDA: UBUNTU

Distro pertama yang must anda coba adalah distro Ubuntu Linux, yang merupakan distro Linux yang terkenal saat ini. Bukan bermaksud untuk mendiskreditkan distro lainnya.



Jika dimungkinkan, saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan distro Super Ubuntu (http://hacktolive.org/wiki/Super_OS) atau Ubuntu Ultimate Edition (http://ultimateedition.info), karena distro ini sudah menyertakan beberapa software dan pustaka yang sesuai keperluan anda yang tidak disertakan secara default di distro Ubuntu Desktop standar.




CARILAH CD/DVD DISTRO TERSEBUT

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan distro Linux yang diinginkan. Anda bisa mengunduhnya di Internet jika bandwidth yang memungkinkan, membelinya di Toko penjual CD Linux (Toko Baliwae, SPACE FOR RENT)meminjam atau mencopetnya dari teman. Khusus distro Ubuntu Linux, anda bisa meminta CD gratis melalui https://shipit.ubuntu.com.





Koleksi yang sangat saya sarankan anda miliki jika tidak memiliki koneksi Internet yang bagus adalah DVD repository Ubuntu, yang sudah berisi semua software yang ada di repository Ubuntu di Internet. Cara mendapatkannya? Silahkan download atau beli di toko CD/DVD Linux terdekat.

INSTALL KE KOMPUTER

Proses instalasi merupakan proses yang menakutkan. Ketakutannya bukan karena user interface dari installer-nya, namun ketakutan akan kacaunya partisi harddisk. Apalagi jika anda dual-boot dengan sistem operasi Microsoft Windows.

Untuk itu, Ubuntu menyediakan installer bernama WUBI yang memungkinkan Ubuntu dipasang di partisi Windows yang sudah ada tanpa perlu merepartisi harddisk komputer.





IT'S TIME FOR EXPLORATION!

OK, jika desktop sudah siap untuk dimakan digunakan, sekarang waktunya untuk bereksplorasi. Sebelumnya, siapkan jadwal seminggu berapa kali dan jam berapa serta berapa jam anda akan melakukan eksplorasi. JANGAN bereksplorasi selagi anda bekerja. Gunakan waktu eksplorasi untuk mencari tahu apa saja perbedaan-perbedaan dari segi penampilan dan antarmuka.

Jika dirasa sudah terbiasa untuk menggunakan Ubuntu, anda bisa mulai bekerja dengan Ubuntu sedikit demi sedikit perlahan demi perlahan. Hal ini akan menambah pembiasaan anda terhadap Linux. Semakin anda terbiasa, maka anda akan merasa semakin nyaman dan jangan-jangan bisa jatuh cinta lo :-D

PENAMBAH EKSPLORASI : BUKU PANDUAN DAN CARI TUTORIAL

Buku Panduan sangat membantu anda untuk mempelajari Linux. Tidak sembarang Buku Panduan, tapi ingat, Buku Panduan yang berhubungan dengan Linux.

Banyak beredar buku-buku tentang Linux di Indonesia. Yang gratis-pun juga ada, silahkan cari Buku Panduan BlankOn versi 5.0 (BlankOn turunan Ubuntu juga, tapi UI nya pakai Bahasa Indonesia). Jika paham bahasa inggris, anda bisa cari-cari buku di http://amazon.com. Penerbit O'Reilly dan Appress banyak menerbitkan buku-buku tentang Linux.





Selain itu, anda bisa melakukan Googling (Mencari segala sesuatunya dari mbah Google) untuk mencari panduan yang anda inginkan, atau sekedar blogwalking di beberapa blog berikut ini (Website favorit saya):






REFERENSI TAMBAHAN: MAJALAH TENTANG LINUX
 
Jika anda ingin informasi yang up-to-date, anda juga bisa baca-baca majalah tentang Linux.


Majalah Linux satu-satunya di Indonesia yang saya ketahui adalah InfoLinux, yang diterbitkan oleh Pinpoint Publications. Selain itu, diluar negeri banyak majalah Linux yang bisa anda baca. Salah satunya yang gratis adalah majalah Ubuntu Full Circle Magazine.

ADA MASALAH? TANYA-TANYA

Jangan malu untuk bertanya, tapi jangan bertanya yang memalukan juga. Jika pertanyaan itu sangat mudah untuk dijawab, rasanya dengan Googling atau membaca Buku Panduan saja sepertinya sudah bisa di-resolve masalah anda.


Jika tidak sama sekali, anda bisa melalui jalur Forum atau Milis. Tapi sebelum anda membuat sebuah pertanyaan, anda harus buka-buka arsip forum atau milis bersangkutan, karena mungkin saja masalah anda sudah pernah dialami orang lain dan sudah di-resolve. Lakukan searching melalui halaman arsip atau halaman forum. Jika sama sekali tidak ada, baru mengajukan pertanyaan.

Bertanyalah dengan sopan. Ikuti etika forum atau milis bersangkutan. Di milis biasanya menerapkan aturan : Bottom posting, tidak jorok posting, One Liner dsb.

Milis atau forum Linux yang umum adalah milis tanya-jawab dan Forum dari Linux.or.id. Selain itu, ada juga milis/forum yang spesifik seperti : id-slackware, OpenSuSE-ID, dll.

Jika anda punya teman yang ahli dengan Linux, entah melalui komunikasi langsung atau melalui chat, mengapa tidak mencoba bertanya kepada orang itu? Siapa tahu bisa membantu :-).

YOU ARE NOT ALONE, GABUNG DENGAN KOMUNITAS LINUX TERDEKAT

Jika komunikasi di dunia maya tidak begitu cocok atau tidak terbiasa bagi anda, anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas Linux terdekat di daerah anda. Hampir seluruh daerah sudah memiliki KPLI alias Kelompok Pengguna Linux Indonesia. Di Bali ada Balinux, di Bandung ada KLUB, di Surabaya ada KLAS, dan masih banyak lagi. Semuanya di cover oleh Linux.or.id.

PENUTUP

OK, sekian dulu penjelasan mengenai apa-apa saja langkah dalam mempelajari Linux. Semoga apa yang saya jelaskan disini dengan sedikit gaya bahasa yang agak nyeleneh membuat anda lebih diberi tuntunan dalam mempelajari Linux. Selamat belajar dengan Linux. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi anda.

Jika ada pertanyaan, silahkan dikomen disini...atau need fast respon? Japri saya.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.






1 komentar:

  1. mantep ni bro reviwnya...
    boleh d copy gk neh...??
    hehe

    smoga sukses deh buat lomba blognya...

    BalasHapus