Jumat, 16 Oktober 2009

REVIEW: UBUNTU 9.10 BETA

Mohon maaf kalau saya telat mereview versi testing terbaru dari Ubuntu 9.10 ini, dikarenakan tidak sempatnya saya nge-blog dan banyaknya kesibukan akhir-akhir ini. OK, to the point saja, saya akan menjelaskan mengenai Ubuntu 9.10 Beta. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa mengunduhnya melalui mirror berikut ini :

Sebelumnya saya sudah me-review Ubuntu 9.10 versi Alpha 6, jika anda ingin membaca review sebelumnya, silahkan klik disini.


Banyak sekali terdapat perubahan dari sisi penampilan pada versi Beta ini jika dibandingkan Ubuntu Karmic Alpha 6. Yang pertama adalah Wallpaper baru dengan berbagai pilihan yang sudah terpasang secara default, kemudian ikon baru dan tema baru yang akan membawa suasana baru pada desktop. Selain itu, Ubuntu 9.10 Beta juga menyematkan versi software terbaru seperti Linux Kernel 2.6.31, GNOME 2.28, OpenOffice.org 3.1.



Jika dibandingkan Ubuntu 9.04, Ubuntu 9.10 jauh terasa lebih ringan. Saya mencobanya sendiri dengan notebook Acer 4730Z yang saya miliki. Jika Compiz Fusion desktop efek diaktifkan, desktop tidak akan terasa terlalu berat.
Namun ada sedikit ganjalan yang perlu diperbaiki oleh sang developer Ubuntu, yaitu seringnya terjadi crash pada beberapa bagian GNOME, seperti bluetooth-applet, at-spi, nautilus, bluetooth-sendto, dsb.



Sekarang tinggal menunggu rilis kandidat dan selanjutnya rilis final dari Ubuntu 9.10. Semoga ada gerbrakan baru lagi. Perlu diketahui, rilis Ubuntu selanjutnya yaitu 10.04 dengan nama kode Lucid Lynx akan dirilis dengan embel-embel LTS dan akan fokus ke perbaikan stabilitas sistem.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar