Senin, 19 Oktober 2009

REVIEW: KUBUNTU 9.10 BETA

Sebelumnya saya sudah melakukan review pada Ubuntu 9.10 versi Beta. Sekarang, saya akan melakukan review pada salah satu turunan Ubuntu yang didukung secara resmi oleh perusahaan Canonical (empunya Ubuntu), yaitu Kubuntu.

Bagi yang tidak tahu apa itu Kubuntu, Kubuntu merupakan distro Linux turunan Ubuntu yang menggunakan desktop KDE sebagai default. KDE merupakan desktop yang sangat menarik dan elegan jika dibandingkan dengan desktop GNOME pada distro Ubuntu. Desktop ini memiliki suatu keunikan, yaitu setiap nama programnya (tidak semuanya) menggunakan awalan atau akhiran huruf K, seperti Kate, Ksnapshot, Konquerror, dsb. Bahkan, nama Kubuntu itupun menunjukkan keunikan dari KDE tersebut.

OK, tidak perlu basa-basi lagi. Sekarang mari kita coba distro Kubuntu 9.10 Beta ini. Jika anda ingin mencobanya, silahkan unduh melalui mirror berikut ini :
  1. http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases/kubuntu/karmic/
  2. ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/ubuntu/releases/kubuntu/karmic/
  3. http://mirror.unej.ac.id/pub/iso/ubuntu-cdimage/kubuntu/releases/karmic/
  4. http://www.kubuntu.org/getkubuntu
Perlu diketahui, anda bisa mencoba Kubuntu tanpa perlu membakar berkas ISO-nya jika anda agak malas untuk membeli CD kosong. Yang anda lakukan hanyalah menyalin berkas sistem operasi dari dalam berkas ISO ke dalam flashdisk menggunakan aplikasi bantu, yaitu USB Startup Disk Creator (bawaan sistem operasi Ubuntu) atau Unetbootin (http://unetbootin.sf.net atau bisa dicari di repository Ubuntu).

Kubuntu menggunakan kernel Linux versi 2.6.31-11 dan KDE versi terbaru yaitu versi 4.3.1. Jika dilihat dari sisi penampilan, terdapat sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Kubuntu versi 9.04, yaitu panel bawah yang lebih kecil. Tema yang digunakan masih sama yaitu Oxygen, hanya saya terdapat sedikit perbedaan jika dibandingkan tema Oxygen pada Kubuntu 9.04. Pokoknya, tampilan Kubuntu ini sangat elegan dan menawan.

Aplikasi yang disertakan jenisnya sama, seperti Music Player, Text Editor, dsb. Hanya saja aplikasi yang digunakan berbeda dengan apa yang digunakan pada Ubuntu. Kubuntu berisikan berbagai aplikasi KDE terkenal seperti Gwenview, Amarok, Kate, dll. Khusus untuk aplikasi perkantoran, Kubuntu menggunakan OpenOffice.org versi 3.1, sama dengan Ubuntu. Hanya saja, tampilannya sedikit dimodif agar serasi dengan desktop KDE yang serba biru.

Browser yang digunakan pada Kubuntu bukanlah Firefox, namun browser Konqueror yang merupakan browser untuk desktop KDE. Uniknya, jika anda sudah terbiasa dan ingin menggunakan Firefox, Kubuntu menyediakan shortcut untuk mempermudah anda untuk memasang Firefox.

Saya rasa bagi anda yang terbiasa menggunakan Microsoft Windows, Kubuntu tidak sulit untuk digunakan. Tata letak menunya hampir mirip dengan apa yang ada di Windows :-) Coba saja rasakan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar