Sabtu, 24 Oktober 2009

[NEWBIE] PENGENALAN DESKTOP UBUNTU 9.10

Ubuntu 9.10 menggunakan desktop atau lingkungan kerja bernama GNOME versi 2.28 yang sangat simple dan mudah untuk digunakan. Jika anda sudah terbiasa dengan Mac OS X, anda akan tidak dipersulit dengan desktop Ubuntu karena penampilannya hampir mirip. Sementara jika anda sudah terbiasa dengan MS Windows, anda bisa melakukan pembiasaan terhadap desktop ini. Desktop Ubuntu sangat mudah dipelajari karena menunya yang tidak begitu rumit.


Bagian-bagian Desktop secara umum



Desktop ini terdiri dari dua buah panel yang terletak di bagian atas dan di bagian bawah. Diantara dua buah panel terdapat sebuah workspace atau ruang kerja tempat jendela aplikasi muncul. Jika anda tidak membuka jendela aplikasi, workspace akan berisi berbagai ikon desktop serta wallpaper. Secara default, jumlah dari Workspace yang disediakan Ubuntu adalah dua, yang bisa anda pilih melalui ikon dua buah kotak yang ada di pojok kanan bawah Desktop.


Panel pada Ubuntu

Seperti yang dijelaskan di atas, Ubuntu terdiri dari dua buah panel yaitu panel atas dan panel bawah. Masing-masing panel memiliki fungsi masing-masing.




Panel atas terdiri dari tiga buah menu utama dan beberapa shorcut. Menu tersebut adalah : Applications, Places, dan System. Menu Applications berisikan berbagai aplikasi-aplikasi Ubuntu yang siap dibuka, kemudian menu Places berisikan shortcut untuk menuju ke berbagai folder penting, dan yang paling kanan terdapat menu System yang berisikan menu pengaturan, bantuan dan informasi versi.

Di bagian kanan panel atas dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian notification area yang berisikan berbagai notifikasi sistem serta ikon untuk pengaturan volume, jaringan dan perpesanan. Di sebelah kanannya terdapat informasi jam dan tanggal dan paling kanan terdapat menu pengguna yang berisi pengaturan status di IM dan jalan untuk keluar dari desktop.

Sementara di panel bawah, terdapat empat bagian utama. Yang paling kiri terdapat ikon untuk menyembunyikan seluruh jendela yang terbuka. Kemudian di bagian tengah yang areanya memanjang merupakan daftar-daftar aplikasi yang dibuka. Di bagian kanannya lagi terdapat pilihan (switcher) untuk memilih workspace. Dan yang paling kanan terdapat ikon shortcut untuk menuju tong sampah yang merupakan tempat berkas-berkas yang anda hapus pada peramban berkas.

TIP. Jika suatu workspace dirasa penuh oleh aplikasi, anda bisa berpindah ke workspace lainnya agar area kerja menjadi kosong. Namun tenang saja, aplikasi yang sebelumnya sudah dibuka tidak ditutup begitu saja karena masih dibuka melalui workspace sebelumnya.

Panel pada Ubuntu sangat fleksibel, anda bisa menambahkan, menghilangkan, memindahkan atau bahkan mengubah ukurannya sesuai keperluan anda.

Membuka dan mengatur jendela aplikasi

Untuk membuka suatu aplikasi di Ubuntu, dimulai dari mengklik menu "Applications" pada panel atas. Menu Applications membagi berbagai aplikasi yang tersedia di Ubuntu berdasarkan jenis aplikasinya, seperti Accessories, Internet, Office, Sound&Video, dsb.




Jendela aplikasi bisa anda atur secara leluasa sesuai keperluan. Anda bisa memperbesar, mengecilkan dan memindahkan jendela aplikasi secara leluasa. Jika anda ingin memindahkan suatu jendela ke workspace lain, anda bisa klik kanan pada bar judul aplikasi, kemudian memilih menu "Move to workspace right".


Bekerja dengan peramban berkas

Jika anda ingin mengelola berkas atau file anda di Ubuntu, anda bisa membuka aplikasi peramban berkas yang bernama Nautilus melalui menu Places, kemudian memilih folder yang ingin anda buka.




Folder Home merupakan folder utama bagi anda sebagai tempat bekerja. Istilahnya seperti folder "My Documents" yang ada di MS Windows. Di dalam folder ini terdapat berbagai sub folder lagi seperti Documents, Music, Pictures dan Video yang memiliki fungsi sesuai namanya.

Jika anda ingin membuka isi dari suatu media penyimpanan, anda juga bisa memilih media penyimpanan yang ingin anda buka melalui menu Places ini.

Pengaturan Wallpaper

Jika anda ingin mengganti wallpaper, anda bisa mengubahnya dengan klik kanan pada bagian workspace, kemudian memilih menu "Change Desktop Background". Anda bisa memilih wallpaper yang sudah ada atau menambahnya melalui tombol "Add..".



Pengaturan Tema

Tema dari Ubuntu juga sangat mudah diatur. Untuk mengatur tema di Ubuntu, anda bisa klik menu System | Preferences | Appearance. Kemudian memilih tema sesuai keinginan anda. Anda juga bisa menambahkan tema melalui internet, melalui link "Get more theme online".



Istirahat atau Keluar dari Desktop

Untuk istirahat atau keluar dari destkop, anda bisa lakukan dari menu yang terdapat pada pojok kanan atas desktop (yang berisi teks nama akun pengguna), kemudian anda bisa memilih salah satu aksi yang ingin dilakukan, antara lain :
  • Lock Screen, untuk mengunci layar. 
  • Guest user, untuk mengaktifkan mode guest user.
  • Switch user, untuk membuka sesi baru tanpa menutup sesi yang sudah dibuka.
  • Log Out, untuk keluar dari desktop dan kembali ke layar login.
  • Suspend, untuk menyimpan sesi dan mengistirahatkan komputer.
  • Hibernate, untuk menyimpan sesi dan mematikan komputer.
  • Restart, untuk menghidupkan kembali komputer.
  • Shut Down, untuk mematikan komputer.
Demikian sedikit pengenalan mengenai desktop Ubuntu 9.10, semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan dengan melakukan komen pada post ini :-)

Tunggu artikel newbie selanjutnya.....

1 komentar:

  1. bagus, infonya. pertama pake ubuntu, bingung banget ma cara kerja workspace. tp setelah tau, trnyata enak juga, soale bisa ngerjain bnyk hal dalam satu sesi.

    BalasHapus