Jumat, 30 Oktober 2009

[NEWBIE] MENGATUR REPOSITORY DI UBUNTU UNTUK INSTALLASI SOFTWARE

Masih tidak hilang di ingatan saya bahwa saya sudah pernah menulis tentang cara menginstall dan menghapus software di Ubuntu sekitar setahun yang lalu. Namun kali ini, saya akan Repost kembali dengan gaya khusus untuk didedikasikan kepada newbie.

OK, to the point saja. Memasang software di Ubuntu sangat berbeda dengan apa yang dilakukan di Microsoft Windows. Jika di Microsoft Windows, anda memasang software dengan menjalankan installer yang didapatkan melalui CD/DVD installer software tersebut atau mengunduhnya dari Internet. Namun di Ubuntu Linux, anda cukup meminta software yang akan diinstall kepada software yang bernama APT, kemudian APT akan mengunduhkan software tersebut kepada anda dan menginstallnya. Sistem ini sering juga disebut sistem manajemen paket.

Sebelum anda menginstall software di Ubuntu Linux, anda terlebih dahulu mengatur repository yang akan digunakan. Repository bisa berupa server HTTP di Internet maupun jaringan lokal atau berupa DVD repository jika anda tidak memiliki cukup bandwidth untuk mengunduh.

Untuk mengatur repository, klik menu System | Administration | Software Sources pada sistem operasi Ubuntu anda.


Pada jendela pengaturan Software Sources, anda disuguhi oleh beberapa tab. Tab Ubuntu Software mengatur repository Ubuntu melalui repository resmi di Internet. Anda bisa memilih beberapa cabang software yang ingin digunakan. Ada main (software resmi untuk Ubuntu), restricted (driver piranti keras proprietary), universe (software yang didukung secara komunitas), dan multiverse (software non FOSS). Kemudian, pilih server repository yang ingin digunakan pada bagian "Download From". Jika anda sama sekali tidak menggunakan repository jenis ini, silahkan hilangkan semua tanda centang pada bagian cabang software.

Kemudian pada tab Third Party Software, anda bisa menambahkan repository tambahan selain repository resmi Ubuntu atau repository Ubuntu yang berada di jaringan lokal. Silahkan klik tombol Add untuk menambahkannya, kemudian ketiklah APT Line sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh penyedia repository.

Jika ingin menambahkan repository dari DVD, klik tombol Add CD-ROM, kemudian masukkanlah masing-masing DVD repository dan klik OK, ulangi sampai semua DVD repository ditambahkan. Mungkin anda bertanya, dimanakah saya bisa mendapatkan DVD repository tersebut? Anda bisa mencarinya di komunitas pengguna Ubuntu terdekat atau membelinya di toko toko Linux semisal Baliwae, Juragan Kambing atau Gudang Linux.



OK, jika pengaturan repository selesai, anda bisa klik tombol Close. Kemudian akan muncul jendela baru yang meminta anda untuk memutakhirkan database APT. Klik saja tombol Update, maka database daftar paket di APT akan di-update. Setelah update selesai, anda bisa mulai menginstall software melalui Ubuntu Software Center, atau Synaptic Package Manager. Selamat mencoba.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar