Kamis, 29 Oktober 2009

[NEWBIE] MEMBUAT DOCK ALA MAC OS X

Desktop GNOME pada Ubuntu sangat mudah untuk dimodif agar penampilannya sesuai dengan keinginan. Anda bisa mengatur tata letak panel, menambah atau mengurangi panel dengan mudah. Tersedia juga berbagai software di repository yang membantu anda dalam mempercantik desktop anda. Salah satunya adalah software Avant Window Navigator (AWN) yang akan mempercantik desktop anda dengan menambahkan sebuah dock, seperti layaknya tampilan di Mac OS X, atau RocketDock di sistem operasi Microsoft Windows.

AWN bisa diinstall melalui repository Ubuntu. Silahkan install paket "avant-window-navigator" melalui Synaptic Package Manager atau melalui Ubuntu Software Center. Anda juga bisa mengetik perintah berikut untuk menginstallnya :

$ sudo apt-get install avant-window-navigator

Setelah terinstall, AWN bisa dijalankan melalui menu Applications > Accessories > Avant Window Navigator. Sebelum menjalankannya, anda harus mengaktifkan efek desktop terlebih dahulu melalui menu System > Preferences > Appearance > Desktop > Visual Effects.

Setelah dijalankan, maka anda akan melihat sebuah deretan ikon yang disebut dock pada bagian bawah desktop. Anda bisa menghapus panel bawah dengan mengklik kanan pada panel bawah, kemudian memilih "Delete this Panel" agar panel bawah tidak menganggu docking.


Secara default, AWN akan memunculkan ikon-ikon aplikasi yang sedang terbuka, jadi fungsinya semacam taskbar. Jika anda ingin menambahkan ikon shortcut aplikasi, anda tinggal men-drag nya dari menu Applications kemudian men-drop-kannya ke atas dock.

Untuk mengatur AWN lebih lanjut, anda bisa klik ikon "AWN Manager" pada dock.



Melalui menu pengaturan, anda bisa mengatur sifat dock, tema, efek ikon dan applet yang akan dimasukkan ke daam dock. Silahkan eksplorasi sendiri dan atur sesuai keinginan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar