Rabu, 21 Oktober 2009

MENGAKSES OVI MAIL MELALUI KLIEN E-MAIL EVOLUTION



OVI Mail (http://mail.ovi.com) merupakan layanan e-mail mobile dan web based yang dkembangkan oleh perusahaan Nokia. Jika anda penasaran seperti apa sih layanan E-Mail ini, silahkan mendaftar secara gratis melalui website tersebut. OVI Mail menyediakan e-mail berkuota 1 GB dengan domain ovi.com yang bisa diakses melalui web based atau melalui handphone Nokia terbaru.

Ternyata, walaupun dikatakan hanya bisa dibuka melalui jalur tersebut, anda bisa membuka e-mail di OVI Mail melalui aplikasi mail client, semisal Evolution Mail. Walaupun hanya bisa diakses melalui jalur IMAP. Jika anda tertarik untuk menggunakan OVI Mail pada aplikasi Evolution Mail, anda bisa ikuti langkah berikut ini :
  1. Bukalah aplikasi Evolution Mail, yang pada sistem operasi Ubuntu terletak di menu Applications | Internet,
  2. Jika muncul jendela wizard, anda bisa mengabaikannya dengan menekan tombol "Cancel". Lalu tunggu hingga jendela utama Evolution Mail muncul. Bukalah pengaturan akun melalui menu Edit > Preferences. Kemudian klik tombol "Add",
  3. Pada tab "Identity", isilah identitas anda serta alamat e-mail OVI anda,
  4. Kemudian pada tab "Receiving Email", tentukan server type IMAP dan Server dengan alamat imap.mail.ovi.com, kemudian masukkan e-mail anda sekali lagi pada Username. Jangan lupa tentukan jenis autentifikasi pada bagian "Use secure connection" menjadi "SSL Encryption",
  5. Terakhir pada tab "Sending Email", tentukan type server menjadi "SMTP" dan alamat server menjadi "smtp.mail.ovi.com". Selain itu, autentifikasi juga harus ditentukan menjadi "SSL Encryption" pada bagian "Use secure connection". Kemudian, klik OK dan tutup jendela "Preferences".
Sekarang, anda bisa memulai membuka e-mail OVI anda dengan aplikasi Evolution Mail. Untuk membukanya, silahkan klik Inbox pada bagian alamat OVI anda di side pane.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar