Senin, 19 Oktober 2009

DUKUNGAN KARTU GRAFIS DI LINUX [SAAT INI]

Dalam post ini, saya akan menjelaskan mengenai dukungan kartu grafis pada Linux. Tulisan ini dibuat berdasarkan crosscheck yang saya lakukan di berbagai distro Linux dan berbagai situs vendor piranti kartu grafis ditambah dengan sedikit argumentasi dari saya. Jika ada kesalahan, silahkan dikoreksi.

Dukungan kartu grafis yang saat ini baik (mendukung akselerasi 3D) dan out-of-box di Linux adalah kartu grafis bermerk Intel. Intel mendukung secara resmi Linux untuk kartu grafisnya, dibuktikan dengan website http://intellinuxgraphics.org/. Driver-nya juga bersifat terbuka, sehingga tidak salah jika dimasukkan ke dalam kernel Linux.



Selain itu, nVIDIA dan ATI juga mendukung Linux secara resmi dengan akselerasi 3D nya, hanya saja driver-nya tidak dimasukkan ke dalam kernel Linux secara default karena driver-nya tidak terbuka. Khusus untuk nVIDIA, ada sebuah proyek yang membuat driver versi Open Source dari chipset nVIDIA dan mendukung akselerasi 3D bernama nouveau yang memiliki website di http://nouveau.freedesktop.org/wiki/.



Sedangkan untuk chipset SIS dan VIA, dukungan untuk grafis 3D masih payah di Linux. Bahkan, beberapa distro Linux akan menset driver X.org ke "vesa" jika anda menggunakan chipset ini karena belum adanya driver. Untuk sementara, driver yang tersedia untuk chipset ini adalah driver untuk akselerasi 2D saja. Driver ini harus digunakan agar kartu grafis bisa menampilkan display dengan resolusi maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar