Sabtu, 19 September 2009

WARNET LINUX, ANTARA LEGALITAS DAN KEUNTUNGAN BISNIS

Sekitaran tahun 2005, BSA bersama dengan POLRI mengadakan razia untuk menjaring warnet-warnet yang menggunakan perangkat lunak banyakan. Pada saat razia itu didengung-dengungkan, semua warnet yang pada saat itu mulai bermigrasi ke Linux. Kecuali tentunya warnet dengan modal besar yang sudah menggunakan software legal.

Setelah beberapa tahun terakhir ini razia sudah tidak pernah dilakukan lagi, maka mereka para pengusaha warnet tadi kembali menggunakan sistem operasi yang tidak legal.
Warnet terpaksa menggunakan sistem operasi tidak legal karena ada sebabnya, yang pertama adalah ketidakmampuan para pengusaha warnet untuk membeli lisensi sistem operasi legal, dan alasan yang sangat memprihatinkan yaitu karena pemilik pengusaha warnet memiliki "ego" yang tinggi untuk menghemat, sehingga legalitas tidak perlu dihitung, "toh, mereka merasa nyaman dengan warnet saya dengan harga yang murah, dan saya semakin untung", begitu prinsip mereka.

Solusi yang saat ini didengung-dengungkan bagi para pengusaha warnet yang tidak menggunakan software legal adalah untuk menggunakan sistem operasi Open Source seperti Linux. Saat ini, sudah banyak warnet Linux atau sering dikenal dengan istilah Warnux. Para pengusaha tergabung dalam Asosiasi Warnet Linux Indonesia atau AWALI.

Namun sayangnya, pertimbangan untuk menggunakan Linux sebagai sistem operasi warnetnya sangat besar, terutama dari aspek keuntungan bisnis. Ini disebabkan karena pengguna warnet kurang familiar dengan sistem operasi Linux yang menyebabkan mereka enggan untuk menggunakan jasa warnet yang menggunakan Linux. Tidak semua orang mau mempelajari atau membiasakan hal yang baru, karena sudah terbiasa dengan hal yang lama.

Jadi, menurut anda bagaimana?

5 komentar:

  1. Yang perlu dibiasakan ngga banyak sih. Orang di warnet kan buat internetan, pol mungkin buat edit2 dokumen.Jadi taruh aja ikon firefox dan openoffice di desktop. Mungkin di mejanya perlu ditempel petunjuk sederhana, kalo mau internetan klik disini, kalo mau buat dokumen disini.

    Dulu di daerah saya juga ada warnet linux. Sekarang udah ganti windows lagi. Kendalanya mungkin karena sering rese urusan flashdisk, kadang kedetek kadang ngga. Tapi itu linux jaman kapan kok. Saya rasa distro2 linux yang sekarang udah lebih stable urusan begituan. he3. .

    BalasHapus
  2. Ada satu faktor yang kurang lagi saya sampaikan : yaitu keberanian si pemilik warnet. Sayangnya, saya masih SMA dan belum memiliki warnet, jadi saya belum bisa menerapkannya.

    Dan juga, orang Y!M yang ingin ngewebcam + voice call masih akan kebingungan dengan Linux....:D

    BalasHapus
  3. terima kasih untuk artikelnya. pas banget, ane lagi nyari-nyari untuk bahan kuliah.

    oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

    BalasHapus
  4. Coba dulu, karena saya juga di warnet pakai Linux Zencafe. User tidak ada yang mempermasalahkan. Warnet itu bukan dari OS nya, tapi koneksinya cepet apa lambat, layanannya ramah apa tidak, lokasinya strategis apa tidak ?

    Keberhasilan warnet itu bukan dari OS nya , karena banyak warnet yang jatuh adalah warnet Windows itupun bukan karena OS nya Windows, jadi masalahnya ada pada manajemen warnet itu sendiri, bagus apa tidak.

    BalasHapus
  5. *NUMPANG LEWAT
    Gampang, Murah, dan Lengkap kamu bisa langsung dapatkan di HP kamu ribuan konten seperti GAME, VIDEO, KOMIK, THEME, RINGTONE, DAN WALLPAPER yang bisa kamu download. Ramai dan banyak pilihannya, pasti tidak akan nyesel dechhh.. Caranya kamu tinggal ketik REG MAIN kirim ke 9789(khusus pengguna Telkomsel, yach..)atau Coba masuk aja ke WAP RujakAsik di http://m.rujakasik.com dari browser HP kamu. Selamat Mencoba…. ^_^

    BalasHapus