Minggu, 20 September 2009

TEST DRIVE UBUNTU KARMIC ALPHA 6

Ubuntu baru saja merilis alpha 6 dari versi terbaru Ubuntu, yaitu Ubuntu 9.10 dengan nama kode Karmic Koala. Versi ini masih bersifat versi percobaan atau versi testing, anda bisa mengunduhnya melalui http://www.ubuntu.com/testing/karmic/alpha6.


Setelah anda mendapatkan berkas ISO nya, anda bisa bakar ke CD kosong menggunakan aplikasi pembakar CD atau menyalinnya ke flashdisk dan kemudian dilakukan booting melalui flashdisk dengan bantuan aplikasi Unetbootin.

Dari awal proses booting, sudah nampak ada perbedaan dengan Ubuntu versi 9.04. Usplash yang menemani anda pada saat startup kini diganti dengan Xsplash, sebuah perangkat lunak splash screen yang berjalan di atas X server. Saya cenderung lebih suka dengan konsep ini, namun harus sedikit diperbaiki dengan (menurut saya) menambahkan pesan Selamat Datang yang lebih ramah dan animasi yang sederhana. Mockupnya akan saya buat untuk Launchpad.net. Anda punya konsep lain? silahkan kirimkan ke Launchpad.net melalui fitur Blueprint.

Kemudian layar login GDM juga ada perbedaan dengan versi sebelumnya, sekarang sudah mengikuti mode desktop GNOME terbaru seperti layaknya distro Fedora 11 atau OpenSuSE 11.1.

Pada saat proses masuk ke desktop, lagi-lagi ditemani oleh Xsplash. Dan saya rasa, kurang tulisan "Welcome" nya dikit agar terlihat lebih ramah.


Warna desktopnya masih sama saja dengan Ubuntu sejak dulu, coklat. Entah itu variasinya coklat keputihan, coklat kekuningan, coklat tua, dsb. Yang penting tetep coklat. Wallpaper yang digunakan masih menggunakan yang Jaunty karena wallpaper baru belum ditentukan. Perlu diketahui, GNOME yang digunakan adalah versi 2.27.92 (woot).

Desktopnya terlihat agak sedikit berbeda. Ikon berlambang surat yang biasanya muncul ketika menjalankan aplikasi Pidgin kini muncul kapan saja, dan memiliki dua fungsi yaitu untuk membuka aplikasi Evolution Mail atau membuka Empathy untuk IM. Lho, koq Empathy? It's okay, pada rilis terbaru ini, aplikasi IM yang sebelumnya Pidgin diganti oleh Empathy.

Untuk versi perangkat lunaknya, seperti biasa. Ubuntu selalu menggunakan versi terbaru dan terkini. Kernelnya 2.6.31, OpenOffice.org 3.1, Firefox 3.5, dsb.

Selain itu, Ubuntu Karmic telah terintregasi dengan layanan Ubuntu One, sebuah layanan storage internet gratis untuk melakukan sinkronisasi berkas dengan server Ubuntu One di Internet. Ubuntu One merupakan layanan yang mirip dengan Dropbox, namun hanya mendukung Ubuntu saja :-P.


Ubuntu juga memiliki fitur terbaru yaitu Ubuntu Software Store, fungsinya hampir sama dengan Add/Remove programs yang sudah ada sedari dulu, namun UI nya agak diserem-seremin biar mirip dengan Apple Software Store. Dan tentunya, memudahkan pengguna untuk mencari software yang ingin dipasang pada Ubuntu mereka.

Jika anda menemukan bug atau ingin mengirim konsep baru, silahkan laporkan ke Launchpad.net. Semoga usul anda menjadikan rilis Ubuntu 9.10 yang akan dirilis pada akhir Oktober bisa menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar