Rabu, 30 September 2009

PENGGANTI APLIKASI ONENOTE DI LINUX

Anda sering menulis berbagai catatan untuk keseharian anda? Jika di Windows, biasanya anda menggunakan aplikasi yang bernama Onenote yang merupakan aplikasi pengelola catatan bagian dari Microsoft Office. Lalu kalau di Linux, ada aplikasi apa saja? Baik saya akan jelaskan dalam artikel yang satu ini.


Ada dua macam aplikasi Linux yang berguna untuk mengelola catatan anda. Yang pertama adalah aplikasi Tomboy Notes. Mungkin anda sudah pernah mendengar aplikasi ini karena aplikasi ini sudah disertakan pada sistem operasi Ubuntu. Aplikasi ini dapat mengelola catatan dan juga mampu untuk disinkronisasi.



Pengunaannya hampir sama dengan OneNote. Anda bisa mengelola berbagai macam Notebook sesuai keperluan anda. Kemudian di setiap notebook, anda bisa isi berbagai macam catatan. Anda bisa melakukan formatting secara sederhana pada catatan anda.



Namun aplikasi ini tidak memiliki kemampuan untuk menambahkan gambar pada catatan. Walaupun begitu, aplikasi ini lumayan sederhana dan mudah dipahami untuk digunakan.

Alternatif lain, terdapat aplikasi bernama Basket. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk desktop KDE. Namun pengguna desktop lain juga bisa mengunakannya. Untuk memasang aplikasi ini di Ubuntu atau Debian, silahkan pasang paket bernama "basket" melalui APT.


Basket menerapkan jendela  terintergrasi pada aplikasinya, tidak seperti Tomboy Notes yang menampilkan jendela terpisah-pisah. Setingkat lebih maju daripada Tomboy, anda bisa memberi gambar pada catatan anda. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat mirip dengan Microsoft OneNote.
Demikian penjelasan mengenai aplikasi pengelola catatan di Linux, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar