Minggu, 06 September 2009

MEMPERBAIKI HASIL UNDUHAN BERKAS ISO YANG RUSAK/MISMATCH

Mungkin hati anda baru saja merasa gembira, setelah aplikasi download manager favorit anda entah itu WGET, GWGET, dsb memberitahukan kepada anda bahwa distro Linux baru yang anda unduh berkas ISO nya telah berhasil diunduh sampai 100%. Setelah itu, apakah anda langsung membakar ISO tersebut ke CD/DVD kosong? Sungguh hal yang tidak etis jika anda belum mengecek keabsahan berkas ISO tersebut apakah berkas ISO tersebut sudah tepat sesuai dengan yang aslinya. Karena mungkin saja terjadi sesuatu dan lain hal yang bisa saja membuat hasil unduhan tidak tepat.

Cara untuk mengecek ketetapan berkas yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan algoritma MD5SUM. Untuk menggunakan metode ini, kita harus mencocokkan apakah hasil hashing MD5 dari berkas di server dan berkas yang diunduh apakah sama dengan yang aslinya. MD5SUM dari berkas yang kita unduh bisa kita dapatkan dengan mengetik perintah `md5sum namaberkas.iso` pada konsol, sedangkan MD5SUM dari berkas yang ada di server bisa dilihat pada berkas teks yang namanya sama dengan nama berkas yang diunduh, dengan ekstensi md5 (biasanya), atau kadangkala diakhiri dengan kalimat "CHECKSUM".
Jika ternyata hasil MD5SUM tidak persis sama, berarti sudah dipastikan hasil unduhan tidak baik. Janganlah berputus asa, anda bisa memperbaiki hasil unduhan tersebut dengan sedikit tip sederhana yang akan saya berikan.

Pertama, bukalah website linuxtracker.org, atau website penyedia torrent lainnya yang menyediakan torrent untuk ISO distro yang anda unduh. Carilah berkas torrent yang sama persis dengan ISO yang anda unduh, jangan sampai salah. Misalnya, untuk ISO Slackware 13.0 DVD x86, maka anda harus mencari torrent bernama "Slackware 13.0 [x86 DVD ISO]" misalnya pada website Linuxtracker.


Kemudian, unduh berkas torrent yang dimaksud. Ekstensi dari berkas torrent ini adalah *.torrent. Setelah diunduh, bukalah berkas tersebut dengan aplikasi manajer torrent favorit anda, misalnya aplikasi Transmission yang sudah terpasang di distro Ubuntu Linux secara bawaan.

Lakukan pengunduhan sebentar menggunakan torrent tersebut. Kemudian, hentikanlah aktivitas pengunduhan dengan melakukan Pause. Untuk aplikasi Transmission, klik kanan pada torrent tersebut lakukan klik menu "Pause". Selanjutnya, timpa berkas ISO hasil unduhan dari torrent (biasanya tersimpan di folder Desktop) dengan berkas ISO yang rusak.


Setelah ditimpa, lakukan pengecekan data lokal ulang pada aplikasi torrent. Untuk aplikasi Transmission, klik kanan pada torrent, kemudian klik menu "Verify local data". Maka aplikasi torrent client atau manajer torrent akan mengecek berkas ISO yang rusak tersebut hingga berapa persentase unduhan yang belum dicapai.

Setelah total persentase didapatkan, lanjutkan pengunduhan torrent tersebut hingga unduhan selesai. Setelah itu, anda akan mendapatkan berkas ISO yang rusak telah diperbaiki sehingga hasil MD5SUM antara berkas yang anda unduh dan berkas di server sesuai.

Selamat mencoba!

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

2 komentar:

  1. nice info bli,,,,
    coz,, sering banget iso yg saya download error... hehehe... :D

    BalasHapus
  2. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

    BalasHapus