Minggu, 27 September 2009

MAEN DOOM DI UBUNTU [UPDATED]

DOOM merupakan game bergenre FPS (First Person Shooter) klasik yang dirilis pertama kali pada tahun 1993. Game ini merupakan game yang sangat sukses dimasanya.
Jika anda kangen dengan game yang satu ini, anda bisa memainkannya kembali pada sistem operasi Ubuntu anda. Caranya sangat sederhana. Yang anda lakukan adalah : 1) Memasang aplikasi prboom yang sudah tersedia pada repository Ubuntu dan 2) Mencari berkas game yang berekstensi WAD. Perlu diketahui, Doom memiliki beberapa varian, yaitu :
  1. Doom Shareware (doom1.wad)
  2. Ultimate Doom (doom.wad)
  3. Doom II : Hell On Earth (doom2.wad)
  4. Final Doom : TNT Evilution (tnt.wad)
  5. Final Doom : The Plutonia Experiment (plutonia.wad)
Anda bisa membuka arsip game anda untuk mencari-cari berkas game Doom. Jika anda tidak menemukannya, anda bisa membeli salah satu sequel game melalui Steam. Khusus untuk DOOM Shareware, karena bersifat gratisan, anda bisa memasang paket "doom-wad-shareware" melalui APT.

OK, jika salah satu atau beberapa sequel berhasil didapatkan, silahkan salin berkas WAD tersebut ke folder /usr/share/games/doom. Ingat, gunakan hak akses root untuk melakukan hal ini dengan cara membuka File Manager melalui Alt + F2 -> `gksu nautilus`. Khusus untuk pengguna DOOM Shareware, anda bisa abaikan hal ini karena berkas WAD sudah disalin oleh APT setelah anda memasang paket "doom-wad-shareware" tadi.

Terakhir, anda bisa memasang paket "prboom" melalui APT. Silahkan ketik perintah `sudo apt-get install prboom` pada terminal. Pastikan repository Ubuntu sudah disetel dengan baik.


Terakhir, anda bisa membuka salah satu sequel doom dengan mengetik perintah `prboom -iwad namasequel`. Misalnya untuk memainkan Ultimate Doom, anda bisa ketik perintah `prboom -iwad doom`.

Happy DOOM-ing! Get the free pass to the HELL! Ha...ha..ha **koq ketawanya mbah surip ya?**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar