Minggu, 20 September 2009

GRUB PADA KARMIC YANG MEMBINGUNGKAN

Dari penampilannya saja, GRUB pada Karmic sudah berbeda. Versi GRUB nya adalah versi 1.93 alias GRUB2. Katanya sih mau ditambah efek grafik, tapi tetap aja sih masih menggunakan teks.

Nah, jika anda terbiasa menyunting berkas /boot/grub/menu.lst untuk menyunting GRUB, sekarang ilmu anda tidak berlaku lagi :-P. Berkas konfigurasi kini berbeda, dan letaknya ada di /boot/grub/grub.cfg. Cara menyuntingnya juga berbeda, karena syntaxnya sudah seperti BASH scripting.


Secara default, anda tidak diperbolehkan untuk menyunting berkas grub.cfg secara langsung, sesuai dengan pesan yang ada di bagian atas berkas tersebut. Menu GRUB harus di-update melalui perintah /etc/sbin/grub-mkconfig. Jadi, anda tidak bebas mengatur menunya.



Namun, ada sedikit teknik yang bisa anda lakukan untuk kustomisasi. Anda bisa mengubah permission berkas grub.cfg ke 600 dengan perintah "sudo chmod 600 /boot/grub/grub.cfg. Selanjutnya, silahkan disunting berkas grub.cfg sesuka hati. Jika ingin mengatur menu, silahkan pelajari macam sintaksis yang ada.

3 komentar:

  1. nice info...udah gak sabar nih nunggu karmic keluar ntar 30 oktober

    BalasHapus
  2. Very nice info, I'm going to put your blog on my reference post link.

    BalasHapus