Senin, 21 September 2009

BERETIKA DALAM MENGUNDUH DI TEMPAT UMUM

Jika anda memiliki koneksi internet yang anda gunakan sendiri? Silahkan, bebas, sepuasnya mengunduh sampai ratusan koneksi secara sekaligus. Tidak masalah, toh anda sudah membayar banyak untuk koneksi Internet langsung di rumah anda.

Namun, jika anda mengunduh sesuatu di tempat umum, seperti hotspot gratis, kantor atau warnet, anda harus beretika dalam mengunduh suatu berkas. Jangan seenaknya saja. Walaupun anda di warnet itu berbayar, tapi kan koneksi warnet itu dibagi-bagi ke semua pengguna warnet lainnya, dan peluang terjadinya pencurian bandwidth oleh seseorang sangat banyak (kecuali jika sang pemilik warnet memasang bandwidth limiter).

Etika dalam mengunduh yang dimaksud adalah, tidak untuk mengunduh berbagai berkas sekaligus atau mengunduh sebuah berkas dengan berbagai banyak koneksi sekaligus menggunakan Download Manager. Anda boleh saja menggunakan Download Manager, tapi harus dibatasi jumlah koneksinya maksimal sekitar 2 koneksi lah. Jika anda jadi mengunduh lewat torrent, batasi seeder dan peer yang boleh konek.

Jika anda ingin cepat-cepat mengunduh, maka jangan seenaknya. Silahkan daftar ke ISP terdekat dan pasang koneksi internet di rumah anda. Untuk mendapatkan yang enak haruslah membayar lebih, bukankah begitu?

1 komentar:

  1. mangkanya. tu warnet dipasangin OS bw management donk ah.. saya setuju dengan aturan klo pake inetnya di free wifi zone.

    BalasHapus