Minggu, 30 Agustus 2009

MENCOBA BERBAGAI BROWSER DI UBUNTU

Bagi anda yang sering menggunakan Internet, menggunakan browser merupakan sesuatu yang wajib. Sebab jika tidak ada browser, rasanya seperti makan bakso tidak menggunakan mangkok :D CMMIW Browser digunakan untuk melihat-lihat halaman yang berbasis Web, seperi misalnya halaman Berita, Blog, Webmail, dan tidak ketinggalan pula layanan jejaring sosial seperti Facebook, Plurk, Twitter, dll. Pada sistem operasi Ubuntu Linux, anda sudah disuguhi dengan aplikasi browser bernama Mozilla Firefox, yang bisa anda buka hanya dengan klik ikon Firefox pada panel bagian atas. Selain Firefox, masih ada alternatif Browser lain yang bisa anda gunakan di Ubuntu. Berikut adalah penjelasannya : OPERA Walaupun closed-source alias tertutup, Opera ternyata juga menghadirkan versinya untuk Linux. Untuk mendapatkannya, silahkan mampir ke http://www.opera.com/download/. Unduhlah sesuai dengan versi Ubuntu yang anda gunakan. GOOGLE CHROME Selain untuk Windows, Google Chrome yang konon merupakan browser yang sangat fenomenal ini juga tersedia untuk versi Linux, walaupun masih khusus diperuntukkan bagi developer. Untuk mendapatkannya, silahkan menuju ke tautan http://dev.chromium.org/getting-involved/dev-channel#TOC-Linux. Karena versi ini masih belum stabil, jadi mungkin saja anda akan menemukan berbagai bug dalam Google Chrome versi Linux ini. FIREFOX 3.5 Ubuntu versi terakhir (9.04) masih menggunakan Firefox versi 3.0. Jika anda ingin merasakan Firefox terbaru yaitu versi 3.5, anda bisa mengunduh paket Firefox 3.5 yang melalui tautan : https://launchpad.net/~ubuntu-mozilla-daily/+archive/ppa. Rencananya Firefox 3.5 ini akan dimasukkan ke dalam rilis Ubuntu 9.10 a.k.a Karmic Koala EPIPHANY Browser ini bisa menjadi alternatif browser yang bisa anda gunakan. Untuk memasangnya, anda bisa buka Synaptic Package Manager dan memasang paket bernama "epiphany-browser". Selain browser yang sudah saya jelaskan, masih banyak lagi browser yang bisa anda coba. Bahkan, anda juga bisa mencoba menggunakan browser yang bisa dijalankan di terminal seperti Lynx, Links, Elinks, dll. Untuk mencobanya, silahkan cari paketnya melalui Synaptic Package Manager. Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

3 komentar:

  1. Ternyata opera juga bisa dipakai di linux ya...
    terima kasih infonya
    salam dari tanah Papua

    BalasHapus
  2. chrome/chromium masih banyak bug... terutama plugin ga jalan (flash misalnya baru di pakai sekali - sudah hilang kembali)

    BalasHapus
  3. menurut saya, windows 7 akan banyak diminati karena menggabungkan kinerja XP dengan tampilan Vista. Secara garis besar, Windows 7 ini merupakan produk paling bagus dari windows. Walaupun perlu diketahui bahwa sebelum tampilan Windows 7 seperti itu, Ubuntu sudah menerapkannya terlebih dahulu dengan fitur Compiz-nya...

    BalasHapus