Sabtu, 14 Maret 2009

SEMINAR BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK TIK BERBASIS OPEN SOURCE

Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung bekerjasama dengan Kementrian Negara Riset dan Teknologi (Ristek) mengadakan acara seminar bertajuk “Seminar Buku Elektronik TIK berbasis Open Source” di Sanggar Kegiatan Belajar, Klungkung, Bali pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2009. Semniar ini diikuti oleh kurang lebih 400 guru dari TK sampai SMA.

Acara ini sangat spesial karena Pak Onno W. Purbo menjadi pembicara dalam acara seminar ini. Pak Onno menjelaskan bagaimana penggunaan Linux dalam pendidikan mulai TK sampai SMA dan penggunaan aplikasi-aplikasi perkantoran di Linux. Selain itu, sesuai dengan topik seminar, Pak Onno juga memperkenalkan Buku Sekolah Elektronik pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menggunakan aplikasi berbasis Open Source Software.

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kabupaten Klungkung menyatakan kesiapannya untuk migrasi ke Free and Open Source Software. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Wakil Bupati Klungkung, Bapak Cokorda Gde Agung. Selain itu, Bapak Kusmayanto Kadiman memberikan kuliah selama 17 menit 43 detik tentang bagaimana Open Source Software dan bagaimana pengembangan Sapi Bali asli di Nusa Penida (Melenceng sedikit dari topik).

Selain itu juga, dilakukan penyerahan 30 unit komputer bekas layak pakai dari Danamon Peduli dan Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) kepada tiga sekolah, yaitu SMAN 1 Semarapura, SMAN 2 Semarapura dan SMPN 3 Banjarangkan (masing-masing 10 komputer) yang nantinya akan digunakan sebagai klien dari LTSP. Sehingga, komputer-komputer ini masih bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar