Senin, 16 Maret 2009

Dropbox, buka dan unggah dari mana saja

Bagi yang biasa ber-mobile ria, terkadang anda membutuhkan sebuah file hosting yang membuat anda mudah mengakses dan mengupload suatu berkas dari mana saja, asalkan terdapat jaringan Internet.
Nah, sekarang terdapat sebuah layanan file hosting yang sangat mudah, cepat dan yang terpenting, sangat enak untuk dipakai. Layanan ini bernama “Dropbox”. Tidak seribet layanan sejenis semisal FTP, Dropbox memungkinkan anda mengelola suatu berkas layaknya mengelola berkas lokal di komputer.

Konsepnya begini, anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Dropbox ke komputer anda (Sudah ada untuk Mac, Linux dan Windows). Setelah aplikasi dipasang, anda harus membuat akun Dropbox baru. Anda bisa mendapatkan akun secara gratis dengan space 2 GB. Kemudian setelah mendaftar, di komputer akan terdapat sebuah folder khusus (Defaultnya di Linux adalah di ~/Dropbox). Folder ini akan tersinkronisasi dengan server Dropbox. Jadi, jika anda melakukan perubahan terhadap isi folder tersebut, maka perubahan yang sama juga dilakukan pada berkas anda di server Dropbox. Jika ingin membuka berkas atau mengupload berkas dari tempat lain, anda bisa melakukannya melalui Web atau memasangnya di komputer lain (dengan menggunakan akun anda yang sudah dibuat sebelumnya).

Tertarik mencobanya? Anda bisa mengunduh aplikasi Dropbox melalui https://www.getdropbox.com/referrals/NTcwMzkzNTk. Kemudian, cari link Install. Setelah paket terpasang, restart desktop anda. Kemudian anda akan melihat sebuah ikon baru berlambang box di bagian notification area. Tunggu sebentar, Dropbox masih dalam proses download.

Setelah Dropbox selesai diunduh, maka akan tampil jendela Wizard yang akan menuntun anda. Jika anda baru menggunakan Dropbox, anda bisa klik tombol Next untuk melakukan pendaftaran akun baru. Jika anda sudah memiliki akun Dropbox sebelumnya, anda bisa klik opsi “I have dropbox account” lalu klik tombol Next. Ikuti langkah yang diberikan oleh Wizard.
Setelah selesai dari wizard, maka akan tercipta folder baru di Home bernama Dropbox. Folder inilah tempat anda menyimpan berkas secara online di Internet dan bisa diakses oleh siapa saja. Isi folder ini akan tersinkronisasi/disamakan dengan yang ada di server Dropbox setiap saat. Jika anda ingin melihat status apa saja yang dilakukan Dropbox, cukup klik kanan pada lambang box pada notification area.

Mau berbagai berkas kepada teman? Bisa koq! Copy saja berkas yang ingin anda bagi ke folder bernama “Public”, kemudian klik kanan pada berkas tersebut dan pilih menu Dropbox > Copy Public Link. Maka link ke folder tersebut akan dicopy ke clipboard. Paste dan berikan link tersebut ke teman anda agar teman anda bisa mengunduhnya.
Enak khan menggunakan Dropbox? Kalau space nya kurang, anda bisa menyewanya dengan biaya untuk mendapatkan space yang lebih besar? Cara lain, anda bisa mengajak teman anda untuk ikutan Dropbox, maka anda akan diberi timbal balik dengan penambahan space milik anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar