Minggu, 11 Januari 2009

UBUNTU, MAKIN BARU MAKIN LAMBAT

Bukan maksud saya untuk mendiskreditkan Ubuntu (Masa sich, saya juga penggemar Ubuntu koq :D). Namun ini merupakan sebuah kritik untuk distribusi Linux paling top ini.

Saya rasa, semakin terbaru rilis versi Ubuntu saat ini, semakin berat juga bobot dari distro ini. Saya mulai mengikuti perkembangan Ubuntu sejak versi 5.04 (Hoary Hedgehog). Distribusi ini masih layak untuk jalan di komputer lama saya yang berspesifikasi Pentium II 400 RAM 192 MB. Distro tersebut masih terasa berjalan lancar sampai pada edisi 6.06 LTS (Dapper Drake). Mulai saat mencoba versi 7.04 Feisty (Ooops...saya belum pernah merasakan yang 6.10 Edgy, soalnya layanan Shipit dihentikan pada versi tersebut), Ubuntu terasa makin berat. Jika sebelumnya membuka OpenOffice.org hanya memerlukan waktu 20 detik (Tanpa Quickstarter), kini OpenOffice.org berjalan lebih berat 5 detik. Kemudian versi 7.10, lebih berat lagi sampai saya tidak betah lagi menggunakan Ubuntu di komputer lama saya. Weeeww............

Kini saya sudah memiliki laptop baru, yaitu Acer 4330 prosesor Celeron M. Ubuntu 8.10 yang saya gunakan walaupun awalnya terasa lancar, namun akan mengalami puncak kelambatan jika saya gunakan untuk internetan menggunakan Firefox (Hehe :D:D:D, saya biasa membuka 10 tab sekaligus di Firefox). Masih terasa sangat berat. Apalagi, jika saya gunakan distro ini kembali ke komputer lama. Weeeeeeeeeeeeeeeewwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww.............

Yang saya inginkan terhadap Ubuntu adalah paling tidak Ubuntu tidak semakin berat di versi terbarunya. Lihatlah Firefox, malah bisa lebih cepat di versi terbarunya karena adanya optimisasi besar – besaran. Saya akan tunggu versi Ubuntu selanjutnya, 9.04. Dengar – dengar, versi ini akan lebih cepat jika dibandingkan Ubuntu versi sebelumnya. Tunggu saja bagaimana kelanjutan cerita dari Ubuntu.

1 komentar:

  1. bener juga mister, saya gunakan ubuntu 10.10 semakin hari beratnya minta ampun. apa memenag jangan di update :)

    BalasHapus