Sabtu, 03 Januari 2009

MEMBUAT SPLASH IMAGE GRUB SENDIRI

Pada artikel yang sebelumnya, saya sudah pernah membahas cara mengganti splashimage GRUB dari gambar yang sudah ada. Nah, sekarang saya akan membahas bagaimana cara membuat splashimage GRUB sendiri untuk membuat GRUB anda yang sangat jadul menjadi modern.

Tehniknya sendiri sangat sederhana dan mudah diikuti baik oleh pemula. Pertama, anda harus membuat gambar berformat XPM berukuran 640 x 480 pixel. Anda bisa mengandalkan aplikasi GIMP untuk melakukan hal ini. Eiit....sebelum menyimpannya, atur batasan jumlah warna pada gambar menjadi 14 warna, agar gambar bisa ditampilkan pada menu GRUB. Untuk melakukan hal ini, pada GIMP klik menu Image | Modem | Indexed, lalu pada “Maximum number of colors” atur menjadi 14.

Sekali lagi, ingat simpan dalam format XPM. Setelah itu, GZIP file XPM yang anda buat dengan cara klik kanan pada file XPM yang baru anda buat dari File Manager, lalu pilih Create Archive dan memilih format .gz sebagai format archive nya. Cara lain, anda bisa ketik perintah berikut pada console :

$ gzip /folder/menuju/file.xpm

NB. Ingat, jangan ketik tanda dolarnya. Itu hanya menandakan bahwa anda menjalankan perintah sebagai user biasa.

Ganti huruf yang ditulis tebal dengan path menuju file xpm yang baru anda buat.

Selanjutnya, copy file xpm.gz ke folder /boot/grub/splashimages melalui file manager yang sudah diberi wewenang root (dengan cara tekan tombol Alt + F2, ketik “gksu nautilus” dan tekan enter.

Yang terakhir, buka file konfigurasi GRUB di /boot/grub/menu.lst melalui file manager yang sama (yang sudah berwewenang root). Buatlah baris seperti di bawah ini :

splashimage=(hd0,5)/boot/grub/splashimages/Nardziz.xpm.gz

Ganti huruf yang dicetak tebal dengan letak partisi system anda. Dalam contoh ini, letak partisi saya adalah /dev/sda6 (partisi ke-enam dari harddisk sata pertama) maka saya menulisnya (hd0,5). Kemudian, ubah teks yang dicetak miring dengan nama file splashimage (berformat xpm.gz) yang anda buat. Kemudian simpan file konfigurasi tersebut. Jika anda mengalami kesulitan mengatur hal tersebut, anda bisa mengandalkan utility Startup Manager (Install paket “startupmanager” terlebih dahulu melalui APT) yang bisa and buka melalui menu System | Administration | Startup Manager. Klik pada tab Appereance, pada bagian Grub Background Image, pilih nama file splashimage yang baru anda buat, lalu klik tombol Close.

Sekarang, anda bisa mencoba untuk merestart komputer untuk melihat penampilan GRUB baru anda.

1 komentar: