Minggu, 11 Januari 2009

INSTALASI SERVER LTSP PADA UBUNTU

LTSP adalah teknologi Thin Client atau kloning di Linux yang memungkinkan komputer – komputer client untuk bekerja menggunakan kemampuan komputasi dari komputer server. Sehingga, komputer client yang sudah lawas bisa berkerja menggunakan software terbaru yang membutuhkan kemampuan komputasi tinggi (seperti Ubuntu :P), karena menggunakan kemampuan RAM dan prosesor yang ada di Server.

Untuk menggunakan teknologi ini dengan OS Ubuntu, anda dapat menginstal software LTSP pada komputer ber-OS Ubuntu yang akan digunakan sebagai server LTSP. Berikut adalah langkah – langkahnya :

  1. Instal paket “ltsp-server-standalone” dengan perintah berikut :
    $ sudo apt-get install ltsp-server-standalone

  2. Jika jaringan LTSP menggunakan IP selain prefix 192.168.0.0, anda perlu mengubah konfigurasi DHCP dengan perintah berikut (Ubah nano dengan editor teks yang anda sukai) :
    $ sudo nano /etc/ltsp/dhcpd.conf
    Kemudian, gunakan fitur replace untuk mengubah prefix IP dari “192.168.0.” menjadi prefix IP jaringan anda (Misalnya, “192.168.1.”). Simpan file konfigurasi.

  3. Pastikan jaringan dalam keadaan hidup, dan restart layanan DHCP dengan perintah :
    $ sudo /etc/init.d/dhcp3-server restart

  4. Masukkan CD Ubuntu Alternate, dan ketik perintah berikut untuk membangun server LTSP secara lengkap :
    $ sudo ltsp-build-client --mirror=file:/cdrom --mount-cdrom --security-mirror=none

  5. Jika sukses, maka anda bisa melakukan booting jaringan dari client. Anda bisa memanfaatkan fitur PXE yang tersedia di BIOS Client. Jika client tidak memiliki fitur PXE, anda bisa mendownload software gPXE dari www.rom-o-matic.net. Jika client berhasil melakukan booting, maka selamat! Anda sudah berhasil memasang software LTSP pada jaringan anda.

Mudah kan?

3 komentar:

  1. wah thanks mas atas infonya..
    nice posting..:D

    BalasHapus
  2. pengen mas, tapi butuh asistensi lebih nih... aq mau memasyarakatkan linux dan melinux - an masyarakat lampung... bolehkan mnta no. hp buat kebutuhan itu??? :-)

    BalasHapus
  3. mas, itu setelah perintah ltsp-build-clien dan prosesnya berhasil... apa ltspnya udah bisa digunakan? apa tidak harus dikonfigurasi manual lagi atau sudah dikonfigurasi sendiri otomatis?

    BalasHapus