Sabtu, 13 Desember 2008

GYACHI: YAHOO! MESSENGER DENGAN FITUR "LUMAYAN" DI LINUX

Untuk kebutuhan chatting menggunakan protokol Yahoo Messenger atau yang biasa disebut dengan Y!M, umumnya para Linuxer menggunakan software Instant Messanging bernama Pidgin atau Gaim.

Namun, software ini memiliki banyak kekurangan. Seperti tidak ada fitur Webcam, Audibles dan Voice Chat layaknya seperti aplikasi Yahoo! Messenger yang ada di Windows maupun Mac. Namun, anda tidak usah kawatir. Ada sebuah Y!M client untuk Linux yang sangat lengkap bernama GyachI (GyachE Improved).

Agar tidak repot dan pusing, anda bisa mendownload paket aplikasi ini untuk Ubuntu Intrepid, melalui link di bawah ini :

gyachi_1.1.58-1~intrepid_i386.deb

gyachi_1.1.58-1~intrepid_amd64.deb

Setelah itu, install paket tersebut ke sistem operasi Ubuntu 8.10 anda. Disarankan untuk langsung mengklik ganda paket tersebut untuk instalasinya, agar aplikasi yang dibutuhkan oleh software tersebut bisa otomatis di download dan di install tanpa masalah.

Sekarang, anda bisa membuka GyachI melalui menu Applications | Internet | GyachE Improved. Dan lakukan login dengan account Yahoo! Anda.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah user interfacenya yang sangat ekstrim (terlalu ribet) dan voice chat yang belum bisa dilakukan secara pribadi (hanya bisa dilakukan pada room).

3 komentar:

  1. hi, saya punya masalah dengan gyachi gak bisa connect ke yahoo padahal waktu log in di firefox biasa2 aja kenapa yah (could not connect to yahoo) gelap bang

    BalasHapus
  2. eh sorry thank you alias terima kasih bang

    BalasHapus
  3. sepertinya proxy mas ada masalah........kalo gini masalahnya, pasti pake pidgin gak bisa. betul?

    Solusinya...ya terpaksa dech pake IM di web seperti Meebo, Ebuddy, atau Y! Web Messenger.....

    BalasHapus