Selasa, 30 September 2008

TIPS BEKERJA DENGAN OPENOFFICE.ORG AGAR LEBIH MANTAP

Walaupun OpenOffice.org memiliki fitur yang sudah canggih untuk keperluan perkantoran anda sehari – hari, namun masih ada beberapa sisi di OpenOffice.org yang kayaknya masih kurang. Misalnya, OpenOffice.org masih belum memiliki koleksi Template dan Gallery yang lengkap dan juga beberapa masalah lainnya. Berikut saya berikan tip dan trik kepada anda agar kerja OpenOffice.org bisa mantap dan sesuai dengan pekerjaan kantor anda.

Menambah Koleksi Gallery / Clipart

Ada dua cara menambah koleksi Gallery di OpenOffice.org. Yang pertama adalah menggunakan Extensions Accessories dari OxygenOffice yang bisa didapatkan dari website http://ooop.sf.net. Pada bagian Download, download file bernama “OOOP-accessories-x.x.x.x.oxt” (Download juga “OOOP-accessories-nonfree-x.x.x.x.oxt” jika ingin koleksi lebih). Setelah file tersebut didapatkan, buka OpenOffice.org dan klik menu Tools | Extensions Manager.

Lalu, klik tombol Add dan tunjukkan lokasi file tempat anda mendownload extensions tadi.

Yang kedua, khusus untuk pengguna distro Debian atau Ubuntu, anda bisa menginstall paket bernama “openclipart-openoffice.org” melalui APT. Paket tersebut sudah disertakan di repository Ubuntu cabang Universe dan Debian cabang Main. Ketik perintah berikut untuk melakukan hal tersebut :

$ sudo apt-get install openclipart-openoffice.org

Untuk Debian, gunakan perintah berikut

$ su Password: (Masukkan password root) # apt-get install openclipart-openoffice.org

NB. Untuk melihat koleksi Gallery, klik ikon “Gallery” pada toolbar.

Menambah Koleksi Templates

Untuk Templates, anda bisa mencari extensions bernama Sun Professional Template Packs melalui http://extensions.service.openoffice.org. Selain itu, anda juga bisa gunakan template packs dari OxygenOffice yang bisa anda temukan dari website http://ooop.sf.net. Cara menambahkan extensions tersebut sama dengan dengan cara menambah extensions Gallery yang dijelaskan tadi.

Hidupkan Quickstarter

Salah satu kekurangan OpenOffice.org dibandingan paket aplikasi perkantoran lainnya adalah lamanya waktu startup. Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa menghidupkan fitur Quickstarter yang pada dasarnya akan memanggil OpenOffice.org di balik layar. Jadi, jika anda ingin bekerja dengan OpenOffice.org, anda tidak memerlukan waktu yang banyak untuk melakukan startup.

Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan klik menu Tools | Options | Memory. Lalu, beri tanda centang pada “Enable systray quickstarter”

Maka pada tray di desktop akan muncul ikon lambang OpenOffice.org. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia khusus untuk desktop berbasis GTK+ (GNOME dan Xfce) dan paket Openoffice.org bawaan Debian/Ubuntu/Fedora serta Versi Microsoft Windows. Untuk paket OpenOffice.org for Linux yang didapatkan dari website resminya (www.openoffice.org) atau OpenOffice.org yang berjalan di desktop KDE, fitur ini tidak tersedia.

Kecilkan Font UI

Kadangkala, anda menemukan bahwa OpenOffice.org anda memiliki font yang terlalu besar atau terlalu kecil dan bahkan tidak serasi dengan desktop yang anda gunakan. Agar font dari OpenOffice.org sesuai dengan keinginan, anda bisa klik menu Tools | Options | View. Pada pengaturan scalling, atur perbesaran font sesuai dengan keinginan. Setelah itu, klik OK.

Masihkan OpenOffice.org terasa belum klop? Silahkan beri komentar pada artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar