Selasa, 30 September 2008

SALAH SATU KEKURANGAN UBUNTU : FITUR CONTROL CENTER LENGKAP TERINTREGASI

Distro Ubuntu, tentu anda sudah pernah mengenalnya. Distro ini menawarkan kemudahan dihadapan penggunanya. Walaupun begitu, ternyata masih ada satu fitur yang masih belum ada di Ubuntu. Yaitu Control Center terintregasi.

Walaupun konfigurasi di Ubuntu sangat dipermudah, namun konfigurasi tersebut kebanyakan bersifat konfigurasi desktop / personal. Sementara, konfigurasi yang bersifat administrasi sistem atau hardware masih kurang. Walaupun ada beberapa, masih sangat sederhana dan tidak bisa melakukan konfigurasi secara menyeluruh. Contohnya, konfigurasi X Server, Sound Card, Font Sistem, LDAP Client. Ubuntu juga bisa dikatakan tidak familiar terhadap pengguna server, karena administrasi server yang secara default hanya bisa menggunakan konfigurasi file teks. Sangat disayangkan sekali, apalagi sistem operasi server masa kini menawarkan fitur kemudahan konfigurasi.

Coba kita lihat distro Linux lainnya. Misalnya SuSE dan turunannya yang menawarkan software bernama YaST2 yang memudahkan pengguna untuk konfigurasi sistem dari hardware sampai server dengan mudah. Konfigurasi menggunakan YaST2 sangat enak sekali dilakukan, tidak hanya karena semua konfigurasi terintregasi dalam satu software, namun juga konfigurasi bisa dilakukan seenak wizard yang ada di Windows. Sehingga para Linuxer yang menginginkan kemudahan konfigurasi, biasanya akan memilih SuSE dan turunannya. Konfigurasi dengan YaST2 bisa dilakukan melalui mode GUI (Dengan pustaka grafis QT) atau mode console.

Selain SuSE, Mandriva dan turunannya juga menawarkan fitur control center terintregasi yang bernama Mandriva Control Center (Command Line : drakconf). Software ini memiliki juga memiliki dua mode, GUI dan Console. Tata letak dari control center ini juga mirip dengan YaST2. Namun jika dibandingkan dengan YaST2, Mandriva Control Center tidak terlalu banyak menampilkan teks yang membantu anda dalam melakukan konfigurasi.

Kita harapkan supaya fitur Control Center ini bisa masuk ke distro Ubuntu yang sangat terkenal dan menjadi nomor satu di Page Hit Rank www.distrowatch.com. Sehingga, Ubuntu menjadi lebih sempurna dan tidak ada lagi masalah konfigurasi yang ada di Ubuntu. Untuk sementara ini, anda bisa menginstall software bernama Webmin (Web Based Adminsitrator, www.webmin.com) untuk konfigurasi atau administrasi sistem di Ubuntu anda. Anda bisa klik ini untuk melihat cara installasi Webmin di Ubuntu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar