Sabtu, 13 September 2008

MEMBUAT VIRTUAL SERVER PADA APACHE

Fitur Virtual Server pada Apache berfungsi untuk membuat web server Apache bisa diakses melalui nama domain yang sudah terdaftar di Name Server. Sehingga, domain mediainformatika.edu yang tadi dibuat bisa digunakan untuk membuka web yang tersimpan di server yang sudah dialamatkan oleh domain.

Untuk membuat Virtual Server, anda bisa gunakan tool Webmin (Untuk cara installasi Webmin, silahkan baca kembali artikel berjudul “Administrasi secara mudah menggunakan Webmin”). Akses webmin melalui web browser dan masukkan user beserta password yang sudah anda tentukan.

Setelah masuk ke Webmin, klik pada pohon “Server” dan klik pada “Apache Webserver”. Jika anda tidak menemukannya, anda bisa mencari “Apache Webserver” pada pohon “Un-used Modules”.

Sekarang, klik pada link Create virtual host.

Pada bagian Document Root, isilah dengan lokasi folder tempat file dari virtual server anda. Misalnya, disini menggunaakn folder /var/www/ yang sama dengan lokasi folder default Apache. Isi juga Server Name dengan Nama Domain yang anda buat (Beri bulatan hitam pada sebelah kiri teks box). Setelah itu, klik Create Now. Sekarang, anda bisa mengakses nama domain yang anda gunakan tersebut melalui web browser.

1 komentar:

  1. wah makasih. ni artikel mbantu banget. da yang buat fedora gak. poko'e s mua tentang webmin pliss. kasih tau aku klo ada ya.....

    BalasHapus