Jumat, 01 Agustus 2008

PEMOGRAMAN PASCAL DI LINUX MENGGUNAKAN FREE PASCAL

Para Pascal Mania yang ingin melakukan programming Pascal di Linux bisa menggunakan compiler bernama Free Pascal. Compiler ini bersifat Open Source, Cross Platform, dan bisa didownload secara bebas. Apalagi, Free Pascal memiliki kemampuan yang sangat lebih daripada compiler Turbo Pascal seperti kemampuan membuat aplikasi berbasis GUI, koneksi dengan database MySQL, dan masih banyak lagi.

Untuk menginstall Free Pascal di Debian / Ubuntu, anda bisa menginstall paket bernama “fp-compiler”, “fp-ide” dan semua paket yang berawalan “fp-units*” melalui Synaptic Package Manager. Jika ingin menggunakan terminal, anda bisa mengetik perintah berikut (Jalankan dalam mode root) :

# apt-get install fp-compiler fp-ide fp-units*

Setelah itu, anda bisa melakukan programming Pascal dengan menjalankan aplikasi IDE Free Pascal. Caranya, cukup ketik perintah “fp” pada console / terminal.

Selamat Ber-Pascal Ria!!!

TIP : Jika ingin IDE berbasis GUI seperti Delphi, anda bisa menginstall aplikasi Lazarus dengan cara menginstall paket bernama “lazarus” di Ubuntu (Di Debian, paket tersebut belum disertakan).

2 komentar:

  1. saya sudah coba install melalui Synaptic Package Manager, tapi ternyata tidak bisa, di situ terlihat komentar, paket tidak bisa di muat, kenapa ya, bisa minta bantuannya ?

    BalasHapus