Sabtu, 23 Agustus 2008

MENJALANKAN PROGRAM GUI PADA MODE SUPER USER / ROOT DI TERMINAL CONSOLE

Suatu hari, saya pernah mempunyai masalah ketika ingin menginstall OpenOffice.org 2.4.1 ke distro Debian Stable (Yang OpenOffice.org nya masih lawas, yaitu 2.0.4). Awalnya, saya membuka Terminal-nya KDE (Konsole) dari mode user biasa. Lalu saya masuk ke mode super user dengan mengetik perintah “su -” dan masuk ke folder installasi OpenOffice.org. Pada saat menjalankan Installer GUI melalui file “setup”, terjadi suatu error dengan pesan berikut :

Xlib: connection to ":0.0" refused by server
Xlib: No protocol specified

The Installation Wizard can't run in GUI mode.
Maybe the DISPLAY environment variable isn't set correctly.

Setelah saya mencari tahu, ternyata penyebab dari masalah itu adalah Installer GUI tersebut tidak bisa menampilkan GUI-nya karena dilarang oleh Server X yang notabene berjalan dari mode user biasa. Agar Server X tersebut bisa berjalan dari user manapun (termasuk root), anda bisa mengetik perintah berikut pada mode user biasa :

$ xhost +

Setelah itu, saya kembali ke mode super user dan akhirnya installer tersebut bisa berjalan dan menampilkan GUI-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar