Sabtu, 23 Agustus 2008

MENGEMBALIKAN GRUB YANG HILANG

Pada saat anda melakukan install ulang pada sistem operasi Windows dan sebelumnya sudah terinstall sistem operasi Linux, anda pasti kehilangan tidak bisa menjalankan kembali Linux tersebut karena boot loader (program kecil untuk melakukan booting system operasi) dari Linux (Yang umumnya adalah GRUB) ditimpa oleh boot loader dari Microsoft Windows.

Namun tenang! Anda bisa mengembalikan GRUB tersebut dengan cara sederhana dan anda bisa kembali masuk ke sistem operasi Linux anda. Berikut adalah dua cara yang bisa saya berikan.

Cara 1

Anda membutuhkan Live CD Linux yang memiliki aplikasi GRUB di dalamnya. Disini saya menggunakan Live CD Ubuntu 8.04 LTS. Untuk distro lainnya, mungkin juga bisa diikuti dengan sedikit penyesuaian.

Setelah anda masuk ke desktop di dalam Live CD tersebut, anda bisa membuka Terminal Console dan masuk pada mode root. Berikut adalah perintahnya (Khusus distro Ubuntu atau turunannya yang tidak menggunakan user bernama root) :

$ sudo su

Setelah masuk, anda bisa melakukan mount pada partisi Linux tempat menyimpan boot loader GRUB. Untuk melihat partisi Linux yang ada, gunakan perintah “fdisk -l”. Berikut adalah contoh mounting /dev/sda1 ke folder /mnt :

# mount /dev/sda1 /mnt

Setelah dilakukan mounting, anda sekarang bisa menginstall GRUB dengan mengetik perintah berikut (sesuaikan /mnt dengan tempat anda melakukan mounting) :

# grub-install –root-directory=/mnt hd0

Jika muncul pesan seperti berikut :

Installation finished. No error reported.
This is the contents of the device map /mnt/boot/grub/device.map.
Check if this is correct or not. If any of the lines is incorrect,
fix it and re-run the script `grub-install'.

(hd0) /dev/sda

Berarti GRUB berhasil di-install. Anda bisa mencobanya dengan me-restart komputer anda.

Cara 2

Khusus untuk pengguna distro Debian atau Ubuntu, anda bisa memanfaatkan CD Alternate atau CD Installer dari distro tersebut. Caranya, anda bisa boot ke CD tersebut dan masuk ke Rescue Broken System (Untuk Debian, ketik rescue dan tekan enter).

Lalu, ikuti beberapa petunjuk seperti anda waktu menginstall distro tersebut. Setelah konfigurasi kartu jaringan, anda akan disuguhi dengan menu yang menanyakan letak dari partisi distro anda. Pilih partisinya dan tekan enter.

Pada menu rescue, pilih “Reinstall GRUB Boot Loader” dan tentukan tempat installasi GRUB (Umumnya “hd0”, jika ingin menginstall GRUB ke MBR Harddisk). Setelah itu, tekan Enter.

Jika installasi berhasil, anda bisa me-restart komputer anda dan melihat perubahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar